Laporkan Penyalahgunaan

Soto Kuali

 

Soto Kuali

Malam, ini menu tadi siang teman-teman  ...

Cuaca panas banget akhir-akhir ini ya teman-teman, Yodha request menu yang sehat-sehat terus, jadi yang paling sering adalah soto karena kegemaran Yodha adalah soto.

Untungnya di Indonesia soto sangat beragam ya teman-teman, tiap daerah punya ciri khas masing-masing. Di Jawa saja ada belasan macam resep soto...makanya nggak pernah bosen makan Soto.

Aku suka semua soto..mau soto bening..soto buthek semua suka 🤣🤣

Nah aku mau share salah satu Soto unik khas Solo, yaitu Soto Kual .atau Soto Kwali kadang nyebutnya gitu. Artinya soto yang di masak pakai kuali tanah liat, kalau penyajiannya sich bebas mau di mangkuk tanah liat boleh.. kalau di warung-warung ya mangkuk soto biasa 💕

Di Solo ada versi Soto Kuali bening, ada juga yang ndeso seperti yang aku masak ini, yang sangat unik...yaitu memakai tempe semangit. Soto kok pakai tempe semangit? Iya., tempenya nggak diulek kok, diutuhin aja cuma sebagai penyedap, dan rasanya enak lho tetap seger sedep. Cuma aku memang pakai tempe semangit yang masih aman 🤣 belum medok ya..agar aromanya nggak tajem.

Resep asli dari ibuknya temen aku dari Solo..cuma takaran bumbu aku sesuaikan seleraku 💕💕

Kalau isian Sotonya minimalis...nasi..irisan daging, toge pendek, daun sledri, bawang goreng. Rasanya segar enak ... Biasanya sich pakai daging bagian kisi, di masak utuhan dulu terus di potong tipis-tipis pas udah empuk..tapi aku punyane tetelan tadi..jadi gak bisa di potong tipis-tipis. 😃

Bahan :
  • 500 gram daging Kisi / Tetelan
  • Rebus dgn 2000 ml air hgg keluar kaldu tp jangan terlalu empuk dl, jika ada pk kuali
  • Kalau kisi ..rebus utuhan dl agar kuah tdk keruh, baru stlh setengah empuk angkat, potong tipis
  • 2 sereh
  • 2 daun jeruk
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 1/2 sdk makan kaldu sapi
  • Secukupnya garam
  • 1 sdk teh gula pasir
  • 2 cm kunyit, bakar biarkan utuh, tujuannya agar kuah tidak kuning banget tapi juga tidak pucat putih
  • 100 gram tempe semangit, biarkan utuh

Bumbu:
  • 6 bawang merah
  • 4 Bawang putih
  • 2 Kemiri
  • 1/2 sdk teh merica butiran
Cara Membuat: 
  • Tumis bumbu halus
  • Masukkan ke rebusan daging
  • Masukkan bumbu2 lain..serta tempe semangit
  • Masak hingga meresap
  • Sajikan dengan nasi, bawang merah goreng, sledri dan taoge

Note: Daging tidak perlu di presto karena daging Kisi / tetelan mudah empuk...jika terlalu empuk malah hilang rasa manis daging.

Selamat mencoba!

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts