Laporkan Penyalahgunaan

Ayam Saus Madu

Ayam Saus Madu


Sore, 

Menu sore ini adalah yang "menggiurkan" ini, Gak sempat plating nich .... 不不

Yodha request Ayam Madu ... seperti kalau beli di resto Bay **** ... Woke, ya udah jam 17.15 masak ... eh pas mateng udah hampir Magrib, jadinya udah males plating, dipotret di atas wajan saja. 五 Keburu ada yang udah teriak-teriak minta makan.

Tapi percayalah, ini enak pakai banget teman-teman! Kata Yodha udah pas, mirip banget sama di resto "itu".

Kuncinya itu pakai madu asli ya, aku pakai madu randu, madunya enak gak amis ... jadi pas buat masakan. Boleh pakai madu lain, yang penting madu murni, jangan yang udah ditambah-tambahin vitamin dll, macam-macam kayak yang di supermarket itu ya teman-teman ... aromanya nanti kurang sedap kalau buat masak.

Resep AYAM SAUS MADU

Bahan :
  • 350 fillet ayam..aku pakai paha, potong kecil2 tipis rendam dalam bumbu :
  • 1 sdk teh saus tiram
  • 1/2 sdk teh merica
  • 1 sdk teh kaldu ayam
  • 50 ml air
  • 100 gram terigu
  • 100 gram potato starch (jika gak ada ganti maizena)
  • 1/2 sdk teh kaldu bubuk ayam
Cara Membuat :
  • Aduk rata , ayak ..tidak perlu bumbu merica dll krn ayam sudah di marinasi dan nanti akan di balut saus berbumbu
  • Panaskan minyak,
  • Gulingkan ayam ke lapisan tepung..cubit2 hingga merata
  • Goreng hingga agak kering
  • (Jadi tepung potato starch fungsinya agar lapisan ayam renyah..tapi tidak lembek ketika di balut saus)
Bahan saus :
  • 1 bawang bombai, iris, 10 cb rawit
  • 1/2 paprika.. potong kotak
  • 2 bawang putih geprek
  • 2 sdk mkn saus tiram
  • 2 sdk mkn saus tomat
  • 1 sdk teh merica hitam ..tumbuk kasar
  • 2 - 3 sdk mkn madu ( sesuai selera manisnya )
Cara Membuat :
  • Tumis duo bawang
  • Masukkan paprika dan cabe
  • Masukkan semua saus
  • Tambahkan 100 ml air
  • Cek rasa,jika perlu tambah garam..aku gak pakai karena saus tiram sudah asin
  • Jika sudah pas rasanya..ada manis gurih sedep.. tambahkan larutan maizena ( 1 sdk mkn maizena dan sedikit air )
  • Jika sudah mengental..masukkan ayam
  • Aduk cepat
  • Segera sajikan agar rasa ayam tetap renyah kres.

Note :
  • Jadi rasa ayam dan lapisan tepungnya rasanya di buat soft aja ya teman-teman ... karena akan di balut saus berbumbu.
  • Kalau di resto cabe rawit di iris2..dan pakai rawit ijo ya..sensasi rasanya itu enak banget pas makan ayam..terus ketemu cabe rawit ijonya ..jadi sedep gurih manis pedes gitu.
  • Tapi tadi aku utuhin biar Yodha nggak keceplus cabenya 五.. karena rawit ijo kalau lagi murah kok pedes tenan ya teman-teman 不
Selamat mencoba !





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts