Laporkan Penyalahgunaan

Sambal Cumi Pete & Tips Mengolah Cumi

Sambal Cumi Pete & Tips Mengolah Cumi

Selamat sore teman-teman,

Banyak nih yang menanyakan bagaimana mengolah cumi untuk sambal atau aneka saus yang simple dan bagaimana caranya agar empuk dan cepat masaknya.

Aku kasih TIPs-nya ya ... 

Kalau bikin Cumi Saus Tiram, Saus Padang, Saus Mentega, Saus Telur Asin atau di masak sambal seperti ini di resep ini (buka link: https://www.youtube.com/watch?v=y8juZL0lFLA), kalau caraku adalah; cumi-nya aku goreng dulu sebentar, hingga mengembang, jadi ketika dimasukkan ke saus atau sambal, cuminya memang sudah matang, dan bisa dimasak dengan cepat, jadi cumi akan tetap empuk.

Selain itu, masakan tumis atau sambal juga tidak terlalu berair, jika cumi di goreng dulu.

Resep Sambal Cumi Pete

Bahan & Cara Membuat :
  • Cumi 500 gram; dibersihkan dulu, lalu dikupas, lumuri air jeruk lemon kira-kira 1 sdk makan, cuci bersih lagi, lalu potong2.
  • Setelah dipotong-potong, lumuri cumi dengan 1 sdk teh garam.
  • Goreng seperti di video di atas, sampai mengembang saja, jangan sampai menciut lagi. Kalau sampai menciut lagi, cumi akan jadi keras.
Oh ya, itu cumiku fresh, jadi bagian kepala dan tinta dipisah, karena tintanya masih utuh, aku simpan aja nanti kalau buat cumi hitam di campurkan agar pekat warna hitamnya 🤣

Cuminya imut lucu langsing ya teman-teman, tahu gak kalau cumi ini namanya cumi cabai karena bentuknya mirip cabai 😅

Okay, aku akan share menu simple pakai cumi ya, dan menu ayam kemangi yang simple juga dong sebagai bonus, seperti yang terlihat di video di link di atas sekedar untuk memanfaatkan sisa ayam goreng.

Kebetulan ada stock sambal kemasan praktis dari Sambal Bu Lani di Pati, IG @sambalbulani, jadi sayang jika tidak dimanfaatkan. Karena Sambal Bu Lani ini kemasannya 1 Kg, jadi kalo dibuat sambal colek aja gak akan habis-habis nanti.

Jika diolah begini kan bisa aku bagi-bagikan 💕💕 Kali ini aku pakai Sambal Bawang ... Teman-teman yang mau coba sambal kemasan, dari UMKM binaan suamiku ini, bisa visit ke IG @sambalbulani ya atau bisa hubungi WA 085701096632. Sambal Bawang-nya ini tipe gurih, gak manis, jadi cocok untuk teman-teman yang suka sambal gurih. Kalau aku kan lidah Jawa .. jadi tetap aku tambahkan sedikit gula ketika masak pakai sambal ini 🤣

Monggo langsung visit ke IG-nya, mumpung harga masih murah meriah Rp 40 ribu per Kg 💕😃
Mantap kan?

Selamat mencoba!

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts