Laporkan Penyalahgunaan

Lontong Tahu Telur Gimbal

Lontong Tahu Telur Gimbal.

Siang,

Makan siang kali ini..mau share resep Tahu Gimbal Semarangan kok udah sering banget aku share, nah bikin yang versi Kudus aja..yang bahannya sama..cuma beda bentuk..tahunya di goreng sama telur..pernah di oleh2 hin versi gini sama tetangga samping rumah yang asli Kudus dulu enak juga..seger, kuahnya agak encer..💕💕 Bahan untuk 2 porsi ( karena tadi pagi aku udah makan , bikin dua porsi aja untuk Yodha dan Papinya..😅) Katanya kalau khas Kudus pakai kecap sana yang khas THG..tapi aku gak punya..pakai Mirama aja 😅..di Kudus kata temen malah ada di jual bumbu kecap tahu telur gini ya sudah siap pakai... tinggal di ulekin kacang.

Bahan :
  • 2 Lontong
  • Gimbal udang
  • Kol iris halus
  • Taoge seduh
  • Bawang goreng dan seledri cincang
  • Krupuk

Bahan tahu telur :
  • 2 telur, kocok lepas dgn sdkt kaldu jamur
  • 2 tahu putih, iris kecil

Buat dadar di minyak agak banyak, Agar bisa agak kering, Jadi dua dadar

Bumbu kacang ( mau encer atau kental sesuai selera, kalau yang pernah aku makan bumbu agak encer jadi seger )

Bumbu untuk 2 porsi:
  • Cabe rawit sesuai selera
  • Haluskan :
  • 1 bawang putih
  • 1 cabai rawit, sesuai selera ya..utk Yodha dan Papinya request cuma cabe 1 🤣
  • 1/4 sdk teh garam
Cara Membuat:
  • Masukkan kacang tanah goreng 50 gram, gerus
  • Masukkan air panas 350 ml
  • Tambahkan 1 sdk teh air asam dan kecap 2 - 3 sdk mkn
  • Cek rasa, jika sudah pas... sajikan bersama pelengkap

Gimbal Udang

Tadi aku juga cuma buat dikit karena cuma ada sedikit udang di freezer
Ini versi kriuk Gimbalnya..tapi bukan seperti peyek yang awet kriuk berhari2 ya.

Bahan :
  • 200 gram udang kecil, gak usah di kupas
  • 80 gram tepung beras
  • 70 gram tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 130 ml air
  • 1 sdk teh kaldu ayam

Bumbu:
  • 1 bawang putih
  • 1 sdk teh ketumbar
  • 1/8 kunyit bubuk
Cara Membuat:
  • Campur semua bahan
  • Sendokkan ke minyak panas
  • Goreng hingga matang
Selamat mencoba!

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts