Laporkan Penyalahgunaan

Sambal Penyet Terasi Seger




Menu maksiku...apa aja, yang penting ada Sambal itu udah mantep...hihi. Kalau masak untuk Yodha dan papinya lauk lengkap, kalau buat sendiri apa aja masuk lah. Kalau aku yang penting di tengah keterbatasan waktu, sempat makan siang aja.

Kadang udah sibuk kalau nunggu lauk lengkap, baru sore makannya nanti hahah. Sambal itu nggak ada matinya ya teman-teman. Banyak variasinya. Beruntung menu sambal khas Indonesia itu beragam..jadi nggak akan kehabisan ide jika mau nyambal hihi.

Kali ini aku buat Sambal salah satu yang jadi favoritku. Sambal Penyetan yang semi mentah bahannya. Biasa sambal seperti ini cocok untuk penyetan ayam. Tapi aku lagi nggak punya ayam, jadi untuk lauk Udang aja juga enak banget.

Udang gorengnya versi Udang goreng ndeso juga yang utuhan nggak di kupas, di bersihkan aja bagian sambungan kepala dan badan. Habis itu di rendam sama air garam dan bawang halus, goreng dech. Sajikan dengan lalapan. Yang paling cocok lalapn untuk sambal seger seperti ini adalah mentimum ndeso yang kecil-kecil itu ada manis dan seger renyah. Atau daun kemangi atau daun kenikir yang bagian muda, mentahan aja enak kres aromatik.

Oke, aku share resep Sambalnya lagi ya teman-teman..selamat mencoba jika suka.
Sambal Penyet Terasi Segar :

Bahan :
8 buah cabai rait merah mentah

Bahan yang di goreng :
1 siung bawang putih
1 sendok teh terasi
1 buah tomat yang ranum yang berwarna merah agar cantik sambalnya
1/8 sendok teh garam dan 1/2 sendok teh gula merah

Cara membuat :
Ulek semua bahan
Tuangi minyak panas bekas menggoreng terasi ( harus panas ya  )
Kucuri jeruk sambal
Sajikan segera dan harus habis, sambal ini nggak bisa di simpan 
Oh ya tips agar sambalnya enak, pilih Terasi yang enak ya teman-teman, tanpa penyedap pun jika pakai Terasi yang enak sambalnya akan terasa sedap sekali. Kalau favoritku sudah pasti Terasi Juwana yang kualtas super.  Mau coba, aku ada juga..ready stock teman-teman..wa aja 089654712500 ya.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts