Laporkan Penyalahgunaan

Lontong Gulai Kikil



Kemaren libur posting ya teman-teman, lagi ada acara, mengisi kuliah umum di UNNES jurusan PKK. Kemaren sibuk bikin materi dadakan. Lha awalnya tak kira materinya tentang usaha kuliner berbasis potensi  bahan lokal, jadi usah nyiapin itu..ternyata materinya Potensi lokal dan Pariwisata hihi...akhirnya malam bikin materi lagi dadakan...mau posting udah nggak sempat..hihi.

Tapi seneng bisa sedikit berbagi dengan para mahasiswa yang penuh semangat belajar, semoga bisa sedikit menginspirasi. Tapi nggak sempat foto banyak, tukang fotonya biasanya suamiku sich jika ada acara di luar, tapi karena hari kerja ya nggak bisa ikut..hihi. Cuma ini kemaren sempat foto bersama Ibu-Ibu Dosen di sana yang baik-baik dan ramah.


Kemaren masih punya stok Kikil dan tetelan sedikit, mau di oseng kok bosan. Akhirnya aku gulai aja, di makan sama Lontong, jadi dech Lontong Kikil tapi nich bumbunya Gulai Jawa aja, bukan Gulai Kikil ala Padang ya...hihi.

Di makan sama Lontong, kasih sambal cabai rawit, kucuri sedikit kecap manis...hihi..Jawa banget tho. Menu-menu Gulai seperti ini biasanya pakai Tetelan, tapi di ganti Kikil enak juga kok..dengan catatan Kikilnya bagian Kikil yang nggak berlendir ya jika di masak, yaitu bagian kaki sapi. Jadi kuahnya tidak akan mengental. Atau jika pakai Kikil biasa, di rebus aja dua kali, agar lemaknya berkurang.

Kalau pakai Kikil bagan kaki sapo ini Kikilnya keset..di rebus sekali aja, di masak santan nggak kan mengental kuahnya. Makanya Kikil jenis ini biasa di pakai di warung-warung Padang untuk di buat Gulai. Jadi walau di sajikan dingin kuahnya tidak akan mengental seperti jelly...hihi. kalau Kikil biasa, jika dingin kuah langsung mengental gitu...jadi cocoknya memang di Oseng aja dan di nikmati ketika hangat jika jenis Kikil biasa. Atau ketika sudah dingin ya terpaksa di panaskan lagi.

Oke, langsung aja ya teman-teman, ini dia resepnya...
Lontong Kikil



Bahan Kuah:
300 gram kikil sapi, dipotong-potong, plus aku tambah sedikit tetelan juga kemaren, plus Jahe, Lengkuas dan daun salam untuk merebus kikil.
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
1/2 sendok  teh garam, 1 sendok teh kaldu sapi
1 sendok teh gula pasir


Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 cm jahe
2 cm kunyit

1 sendok teh ketumbar

¼ sendok teh jintan

4 butir kemiri, sangrai

 
Bahan Pelengkap:
3 buah lontong, dipotong-potong
Sambal rawit secukupnya

Kecap jika suka



Cara Membuat :

Rebus Kikil bersama 3 lembar daun salam, 2 cm jahe, 2 cm lengkuas agar tidak amis hingga setengah empuk. Jika mau cepat di presto. Jika nggak ada presto ya di rebus biasa. Atau pakai Rice cooker 8 in one, aku kemaren iseng coba, bisa empuk juga..pakai tombol stew.

Potong-potong kikil sesuai selera

Tumis bumbu halus hingga matang dan harum

Masukkan santan, dan bumbu lain

Didihkan

Masukkan Kikil

Masak hingga meresap api kecil

Cek rasa sebelum di angkat

Sajikan hangat dengan lontong, atau Nasi biasa ya enak-enak aja..






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts