Laporkan Penyalahgunaan

Sagu Keju Klasik


Sagu Keju..cookies klasik yang tak pernah absen di toples Lebaran di rumah kita ya teman-teman. Memang kue Lebaran klasik ini ngga pernah mbosenin ya....selalu di nanti waktu Lebaran.


Rasanya memang enak.. Krenyes gurih sekali kejunya terasa. Aku bukan penggemar  keju sejati..tapi jika di buat campuran kue manis gini kok ya jadi suka 😃😃
Rasanya lebih gurih saja jika keju berpadu sedikit manis. Enak menurutku.

Untuk membuat sagu keju....Sebaiknya pakai Tepung Sagu. Tapi jika tidak ada ya bisa pakai Tepung Tapioka. Tepung Sagu yang asli contoh merk Alini, Merapi.

Resep Sagu Kejunya masih sama dengan yang sering aku buat, tapi aku modifikasi sedikit, karena keponakan minta yang lebih ngeju rasanya. Jadi takaran Keju aku tambah. Karena keju nambah, otomatis takaran gula juga di tambah agar tidak terlalu asin.

Mebuat sagu Keju sebenernya mudah saja, hanya saja harus pas waktu mengocok mentega dan gula serta kuning telurnya. Jika kelamaan, adonan akan melebar, jika terlalu sebentar adonan akan keras dan susah di spuit. jadi adonan harus lembut dan mudah di semprotkan ya. Agar lebih kuat dan nggak mudah jebol, karena adonan ada parutan kejunya juga, aku biasa pakai piping bag dari silicon. 

Jika kepepet nggak bisa pakai Piping bag, pakai spuit besar aja..pakai jurus jempol..hihi. Masukkan sedikit adonan ke spuit langsung...dorong dengan jempol..hihi. Ini cara terakhir ya jika udah nyerah dengan piping bag. 

Oke, langsung saja ini dia resepnya ya teman-teman yang sudah aku modifikasi :

Sagu Keju Klasik

Bahan :
250 gram Tepung sagum sangrai dengan 2 lembar daun pandan hingga tepung ringan dan daun pandan kering
Timbang tepung jadi 210 gram, dinginkan, ayak
150 gram margarin
1 buah kuning telur
100 gram gula halus
65 ml santan kental instan
75 - 100 gram Keju cheddar, parut

Cara Membuat :
Kocok Margarin dan gula hingga rata selama 2  menit
Masukkan santan dan kuning telur, kocok rata
Masukkan Keju parut, aduk rata
Masukkan Tepung Sagu, aduk rata dengan spatula
Seprotkan ke loyang kue kering yang sudah di oles margarin
Panggang api sedang sampai matang
Kemas jika sudah dingin ya
 


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts