Laporkan Penyalahgunaan

KEPITING LADA HITAM PEDAS



All time favourite...untuk Yodha dan Papinya..Kepiting di bumbu lada hitam. Kemaren ke pasar di tawarin Kepiting sama ibu penjual ikan langgananku. Kepitingnya bertelur katanya. Langsung aku beli dech, karena beberapa hari kemaren memang pada reques Kepiting. Harga Kepiting memang agak mahal..tapi percayalah..di banding beli mateng di resto ratusan ribu seporsi, lebih murah kok jika masak sendiri teman-teman..hihi. Selain lebih murah, tentu juga lebih enak..bumbu bisa sesuai selera. Jadi ayuk..nggak usah nunggu ke resto untuk menikmati Kepiting, di rumah masak sendiri..lebih sip..! :D

Aku beli 3 ekor kemaren cuma 40 ribu..jika beli mateng di resto bisa jadi 150 ribu sendiri ya...hahah. Rasanya pun lebih enak kok jika buat sendiri. Resep Kepiting Lada Hitam ini masih sama seperti yang biasa aku buat, namun kali ini aku buat versi Pedas, dan aku pakai Baceman Bawang juga. Jadi rasanya makin mantep dan sedep dech. Cara membersihkan Kepiting jika masih hidup, cukup di bersihkan di air mengalir ya teman-teman, dalam kondisi masih terikat ya biar nggak di capit..hihi. Aku pernah lho di capit Kepiting..dah beneran sakit..hahah. Setelah di matikan di rebus atau goreng sebentar hingga matang Kepitingnya, baru di olah. Membeli Kepiting lebih baik jika masih hidup Kepitingnya ya teman-teman, jadi masih manis dan fresh.

Beberapa hari ini aku kalau masak pakai Baceman Bawang semua, karena aku buat stok minggu lalu dan aku pakai tiap hari aja biar nggak kelamaan. Walau bisa di simpan lama, tapi aku lebih suka jika habis nggak lebih dari dua minggu, karena aku agak pelupa, takut jika lupa pakainya..hihi. Jadilah Baceman Bawang setoples kecil, tiap hari ada di samping kompor, jadi tiap menumis bumbu yang di tumis untuk Oseng, Mie, Nasi goreng, dll...selalu  pakai Baceman Bawang. Jadi lebih sedep dech semua masakan.

Resep Baceman Bawang sudah aku posting ya dulu di SINI. Video cara membuatnya juga ada di ig aku di akun @bunda_didi. Oke, langsung aja aku share resep Kepiting Lada Hitam Pedas yang memakai Baceman Bawang ini ya teman-teman..selamat mencoba..jika suka. Rasa kuahnya alhamdulillah jadi lebih enak dan sedep..di makan pakai nasi anget aja enak kuahnya..hihi.

Kepiting Lada Hitam Pedas

Bahan :
3 ekor kepiting ukuran sedang yang masih hidup ya , bersihkan lalu goreng sebentar di minyak panas dan banyak, buka cangkangnya agar bumbu meresap ke dalam daging Kepitingnya
1 buah bawang bombay, iris tipis
2 siung bawang putih, geprek ( aku ganti pakai Baceman Bawang biar lebihs edep dan praktis )
Jahe 2 cm, geprek
Lada hitam 1 sendok makan
Saus tiram 2 sendok makan
Kecap manis 2 sendok  makan
Gula pasir 1/4 sendok teh
Garam secukupnya
Daun bawang 2 batang iris serong
3 cabai merah dan 3 cabai hijua besar, potong serong 
300 ml air

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay, bawang putih / Baceman Bawang, jahe dengan margarin hingga harum, masukkan merica hitam, tumis sebentar lagi, lalu masukkan kepiting dan air. Masukkan bumbu lain. Cicipi sampai rasanya pas..tutup panci dan masak sebentar hingga bumbu meresap di kepiting. Sajikan hangat.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts