Laporkan Penyalahgunaan

Balado Terong Bakar Sehat


Sesuai janjiku, aku akan selang seling share resep-resep sehat tanpa minyak ya teman-teman, atau jika pakai minyak sekedar untuk menumis, aku ganti pakai minyak jagung yang leboh sehat. Jadi..pelan-pelan saja kalau diet ala aku..bukan terus ekstrim makan cuma buah atau *raw food dll. tetap makan biasa, 3 kali sehari..hihi. Jika bisa tetap makan enak..cuma cara masaknya saja yang aku buat lebih sehat begitu. Jadi selain kita yang niat diet, keluarga lain di rumah juga masih bisa menikmati kan.

Tapi nanti aku akan share juga menu-menu biasa favorit Yodha dan papinya kok, tenang aja teman-teman..yang suka makan enak, tetap ada menu-menunya di sini. Tapi lama-lama mereka akan mengikuti juga kali ya, jika kita biasakan makan menu sehat..hihi. Tadi aku test ke Yodha dan papinya, aku kasih Ayam Goreng yang aku goreng pakai Air Fryer..eh mereka tetap suka. Katanya nggak ada beda kok rasanya sama ayam goreng biasa yang di goreng pakai minyak. Malah lebih keset nggak berminyak..kata Papinya Yodha. Sipp lah..pelan-pelan, nanti di biasakan gorengan ala Air Fryer, kan malah irit minyak..hahah.

Untuk menumis, aku sudah ganti dengan  minyak jagung dengan pemakaian minimal saja. Jadi tetap bisa makan enak, tapi sedikit lebih sehat, itu aja sich ya tujuan utama kita. Semisal, biasanya aku bikin Terong Balado ini, biasanya kan Terong aku goreng dulu....itu kan menyerap banget minyak. Sebagai gantinya sekarang aku masak Terong baladonya aku bakar atau panggang aja pakai teflon anti lengket tuch teman-teman, mudah kan. Nggak perlu alat khusus kok. Untuk bumbunya nggak usah di goreng dulu, langsung di  haluskan, lalu di tumis dengan sedikit minyak jagung. Jadi tetap enak, tapi lebih berkurang pemakaian minyak gorengnya.

Oke, karena banyak yang request, aku share ya resep Balado Terong lebih sehat ala aku :
Balado Terong Bakar

Bahan :
3 buah Terong, potong sesuai selera
1 sendok teh garam
200 ml air untuk merendam
Rendam potongan terong dalam air garam, lalu panggang atau bakar hingga matang

Bumbu Halus :
10 buah cabai merah
5 buah cabai rawit
1 sendok teh terasi bakar
1 bua tomat ukuran kecil
8 buah bawang merah
2 siung bawang putih
Ulek semua bahan di atas, tumis hingga matang dan harum
masukkan 1/4 sendok teh garam dan 1 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
Tambahkan 100 ml air
Masak sebentar hingga meresap
Koreksi rasa hingga pas gurih manisnya
Masukkan Terong atau tuang sambal ke atas Terong bakar
Sajikan hangat
Selamat mencoba teman-teman

DD

Untuk lauknya yang pas, aku goreng Bandeng Presto pakai Air Fryer juga, seperti ini nich hasilnya teman-teman, tetap enak dan bisa kering luarnya, dalemnya tetap lembut. Jadi Tips memnggoreng dengan Air Fryer ini agar rasanya nggak sepo atau terlalu kering, jangan terpaku pakai lama memasak di mesinnya ya teman-teman. Sebisa mungkin harus kita cek waktunya sudah separuh jalan timernya, tujuannya agak kita tahu sudah cukup matangnya atau belum, karena kan bahan-bahan yang kita goreng berbeda, jadi perlakuan juga berbeda. Misal Bandeng presto ini, kan sebenernya sudah matang. Jadi kita cukup menggoreng sebentar saja. Jadi kuncinya harus kita cek sebelum timer waktu habis, karena nggak kelihatan dari luar selama proses menggoreng, sering kita cek ya, dengan cara pencet tombok *stop, buka dan lihat hasilnya. Jika kita rasa sudah matang, angkat dan keluarkan dari mesinnya. Jika belum, kembalikan ke dalam, lalu goreng kembali. Mudah dan praktis kok.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts