Laporkan Penyalahgunaan

Klappertaart Singkong



Resep ini sudah lama aku mau share...tapi lupa terus mau buat lagi untuk di foto. Sampai kemaren ada Miss ( Guru sekolah ) Yodha mau home visit ke rumah. Jumat sore Yodha udah wanti-wanti..besok Miss mau datang.."Tolong buatin Klappertaart singkong ya Mi..! " katanya. Aku kaget..lho kok Miss tau Klappertaart Singkong ?..Kata Yodha ternyata Miss nya pernah lihat video resep aku sama Yodha lagi buat ini..hihi..dan suatu saat Miss nya bilang..nanti mau nyicip jika ke rumah Yodha. Ternyata Yodha masih ingat request Missnya..hemm..perhatian banget dech Kakak..padahal udah lama Miss nya bilang gitu masih ingat dia..hihi.

Akhirnya kemaren aku buatin dan alhamdulillah Miss nya Yodha suka. Aku jarang bikin Klappertaart lagi memang, karena di rumah yang suka cuma aku...hihi..padahal enak banget lho. Baik Klapi biasa atau yang versi singkong ini menurutku lebih enak lagi,...Klappertart Jowo ini hahah. Karena bukan pakai susu, tapi pakai santan..dan bahan utamanya Singkong. Beneran enak..cobain dech teman-teman.

Jika tidak punya oven..bisa di kukus juga. Kakakku malah pernah coba buat versi Kukus dan di ikutkan lomba olahan singkong di Yogya..menang juara 2 lho. Jadi buat teman-teman yang mau mencoba snack baru buat jualan..mungkin bisa jadi list dagangan baru nich..selamat mencoba ya..semoga suka. Aku buat kali ini pakai loyang alumunium  agak besar kemaren jadi 4 loyang. Jika mau bisa di cup satuan kecil-kecil ya teman-teman. Selamat mencoba....

Klappertaart Singkong

Bahan:
500 gram singkong kukus
200 ml santan kental instan
600 ml air kelapa
125 gram gula pasir
100 gram margarin, cairkan
75 gram tepung terigu protein sedang
1 butir kelapa muda, dikerok dagingnya
25 gram kenari, dicincang halus 
2 butir telur
1/4 sendok teh vanili bubuk

Bahan toping :
50 gram kismis, dibelah dua

Cara membuat:
Blender singkong dengan air kelapa. Sisihkan.
Rebus santan, margarin, gula, aduk rata.
Masukkan tepung terigu. Aduk sampai licin.
Tambahkan campuran singkong dan vanili. Aduk sampai meletup-letup. Matikan api.
Masukkan kelapa muda dan kenari cincang. Aduk rata. Biarkan dingin.
Kocok lepas telur, masukkan ke dalam adonan. Aduk rata.
Tuang adonan ke cup alumunium foil kotak. Taburkan bahan toping.
Oven 30 menit di loyang yang di beri air panas sampai matang 

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts