Laporkan Penyalahgunaan

Sosis Solo Kukus


Pengen ngemil gurih..tapi lagi males makan gorengan. Akhirnya kemaren aku buat sosis Solo versi kukus. Seperti kalau makan sosis Solo di warung soto di Semarang itu kulitnya lembut..walau di kukus..nggak jadi kering. Iseng aku cari tahu..ternyata nggak pakai tepung terigu. Maknya..walau dingin tetap lembut. Kalau dulu pernah aku buat itu pakai campuran tepung terigu, memang kalau dingin agak keras kulit dadarnya. Kalau pakai telur saja..kurang cantik kulit sosisnya..ketika di kukus jadi mengkerut...jadi kalau aku paling suka yang pakai maizena ini pas..tekture kuat, tapi tetep lembut.

Kalau yang ini lebih lembut, pakai campuran tepung maizena. Untuk isian, karena versi kukus aku buat lebih ringan saja rasanya. Kalau di warung soto langganan, itu isinya ayam kecap berbumbu agak manis..aku kurang begitu suka banget sich..paling makan satu. Makanya pengen buat sendiri yang rasanya lebih ringan isiannya.

Kalau di Solo..ada juga sosis Solo yang isinya daging cincang. Aku pernah buat juga, tapi..aku juga lebih suka yang isi ayam..untuk di cemil itu lebih ringan rasanya. Di makan anget-anget..pakai cabai rawit ijo kecil yang mentes-mentes..wah..sedep tenan. Enak gitu..dan tidak merasa bersalah pada badan..hihi..jika cemal-cemil sosis Solo ini karena di kukus. 

Kemaren aku buat pakai pan dadar agak besar, jadi kulit dadarnya besar-besar..jadinya sosis Solonya juga besar-besar..hihi. Okeh dech ini dia resepnya ya, ini untuk cemilan aja..jadi versi ringan bumbu-bumbunya..jika mau sesuaikan selera, mau manis atau gurih...selamat mencoba :)


Sosis Solo Kukus

Bahan kulit :
3 butir telur, kocok lepas
1 sendok makan maizena, cairkan dengan 2 sendok makan air
1/8 sendok teh garam
1/8 sendok teh merica bubuk

Bahan isian :
150 gram daging ayam rebus, cincang kasar
2 butir bawang merah, haluskan
1 butir bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
1/2 - 1 sendok makan gula pasir ( sesuai selera manisnya )
100 ml air

Cara membuat :
Campur semua bahan kulit, buat dadar
Tumis bumbu halus untuk isian, masukkan air dan ayam, serta semua bumbu
Aduk rata dan masak hingga meresap, cicipi rasanya hingga pas sesuai selera bumbunya
Ambil selembar kulit dadar
Isi dengan tumisan ayam, lipat
Kukus selama 15 menit
Sajikan hangat




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts