Laporkan Penyalahgunaan

Keripik Pare


Alhamdulillah...pohon pare di taman belakang berbuah..seneng dech lihat pare segar bergelantungan, walau baru beberapa buah...hihi. Aku iseng beli bibit pare biji..terus di tanam di belakang..kok numbuh dan subur. Walau beli Pare itu murah..tapi kalau hasil nanem sendiri itu rasanya gimana gitu...sensasinya beda...!

Maunya sich di *sawang atau di lihat-lihat saja..tapi kan ya Parenya semakin tua...akhirnya tetep harus di petik juga. Kemaren panen perdana 4 buah pare...hahah. Panen 4 aja berasa seneng banget. 2 buah Pare aku oseng pakai teri, dua lagi aku buat keripik pare. Udah jadi banyak lho Pare 4 biji bisa jadi dua menu.


Untuk resep Oseng Pare Teri udah pernah aku share ya..jadi hari ini aku mau share resep keripik Parenya saja ya. Rasanya enak kok..kriuk-kriuk unik. Di banyak toko oleh-oleh..lumayan lagi banyak yang jual ya Kripik Pare ini teman-teman. Untuk mengurangi pahitnya aku rendam Pare di air garam dan gula. Jadi untuk pare 2 biji ukuran besar  kemaren aku rendam di satu sendok makan garam dan satu sendok makan gula..air secukupnya hingga semua potongan pare terendam. Rendam hingga Pare layu sekitar 1 jam, lalu cuci bersih kembali.

Selanjutnya tinggal di goreng dech, pakai larutan tepung...terbuat dari tepung beras dan tepung sagu, seperti adonan peyek, tapi lebih kental. Mudah kan..cara membuatnya. Enak lho buat cemilan yang unik dan beda..cobain yuk...ini dia resepnya teman-teman..

Kripik Pare

Bahan :
2 buah Pare, iris tipis
1 sendok makan gula
1 sendok makan garam
Air secukupnya hingga semua irisan pare terendam air
Rendam pare selama satu jam, cuci bersih, tiriskan
Bahan pencelup :
100 gram tepung beras
20 gram tepung tapioka / sagu
Air 100 ml kurang lebih, adonan kental ya agar lapisan kulit luarnya bisa tebal menutupi parenya, agar hasilnya renyah
Bumbu : 
2 siung bawang putih, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 cm kunyit, haluskan. 
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera, 1/8 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan dan bumbu pencelup
Panaskan minyak
Celup Pare ke dalam adonan pencelup, goreng hingga matang dan renyah
Simpan di toples jika sudah dingin




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts