Laporkan Penyalahgunaan

Donat Ubi Ungu Isi Pisang & Keju


Kemaren sore iseng buat donat ubi ungu..gara-gara sudah mengukus ubi ungu..mau buat apa ya kemaren tuch..lupa hingga sore belum aku buat juga..hihi. akhirnya dari pada mubazir itu ubi ungu kukus, langsung buat donat aja yang gampang. Sayang banget jika ngga kepakai, soalnya aku dapat ubi ungu bagus b anget..udah tua..manis dan warnanya ungu tua cakep banget. Nah..ubi ungu seperti ini sangat cantik di baut aneka kue..nggak perlu pewarna teman-teman..warnanya udah cantik sekali.


Langsung dech nyiapin bahan sebentar..lalu mulai dech banting-banting adonan..hihi. Aku buat video cara buat adonan donatnya lho..tapi di instagram aku ya..karena cuma pakai hape kemaren...langsung upload. cek di akun aku ya..@bunda_didi ya jika mau lebih detail cara pembuatan donat ini.


Pas adonan udah jadi..pas..assistenku pulang. Dia mah semangat aja bantuin bentuk-bentuk adonan..walau baru pulang sekolah. Setelah makan dan istirahat sebentar..tuch langsung action dia..mainan adonan..hihi. Tapi heboh banget mah Yodha..masak donat di bentuk landak..dll..hihi. Padahal aku udah ajarin donat kepang, dll..dia bilang..ah..nggak lucu itu Mi..katanya..! Lol..


Ini isinya keju yang mudah leleh..pokoknya..kalau bikin donat itu tetep kita bisa buat aneka isi dan kreasi kok teman-teman..

Yang kepang isi pisang..favoritku. enak banget lho ternyata donat ubi ungu di isi pisang ini..pas aja rasanya..donat ubi ungu..rasa pisang..legit...!


Akhirnya kita buat donat isi pisang dan keju aneka bentuk..hihi..yang isi pisang aku yang buat,   yang isi keju Yodha yang buat. Seru dech..walau kemaren nggak sempat motret beneran, karena udah malam dan cuma pakai hape...namun hasilnya okeh..empuk dan lembut donatnya. Oke..langsung saja ini resepnya..takaran sesuai jumlah ubi ungu yang aku punya kemaren..sebiji ubi ungu besar..aku ngukusnya.

Donat Ubi Ungu Isi Keju & Pisang

Bahan :
125 gram ubi ungu kukus yang sudah di lumatkan
275 gram tepung terigu
1 sendok teh ragi isntan
50 gram gula pasir
1 butir kuning telur
110 ml air hangat 
2 sendok makan margarin
1 sendok teh garam 

Bahan isian : piang kepok dan keju secukupnya

Cara Membuat :
Campur tepung terigu, ubi ungu, ragi, gula, dan kuning telur
Aduk rata dan uleni sambil di tuang air sedikit demi sedikit
Uleni hingga adonan setengah kalis
Masukkan margarin dan garam
Uleni kembali hingga adonan kalis dan elastis..keluarkan smeua jurus tinju..pukul..banting ya..agar adonan bener2 kalis dan elastis..hihi.
Diamkan adonan 15 menit
Potong-potong adonan sesuai ukuran donat yang mau kita buat, bulatkan
Diamkan lagi 10 menit
Tipiskan adonan
Bentuk dan isi sesuai selera
Diamkan lagi 30 menit
Panaskan minyak
Goreng hingga matang dengan api kecil ya agar matang hingga bagian dalam dan warnanya tetap cantik luarnya
Taburi gula halus
Sajikan hangat ya




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts