Laporkan Penyalahgunaan

Risoles Isi Orak Arik Campur



Late post lagi..hihi.

Ngga ada acara keluar sich tadi..seharian di dapur aja..bikin snack untuk arisan RT..ya ampun..seharian full..jam 6 sore baru selesai ngepack di snack box, terus langsung di antar ke Balai RT. Padahal udah di bantuin mba Elmi juga. Hebat dech buat teman-teman yang di rumah biasa terima orderan snack box..berarti seharian di dapur terus ya..hihi. Kalau aku develop resep aja kan cuma bikin sedikit..paling satu resep. Nah..kalau bikin snack box gini ya nggak cukup ya satu resep..misal kita buat 50 box..kita buat snacknya otomatis berapa kali lipatnya..jadi ya wajar jika seharian..hihi.

Misal..aku tadi buat Misoa goreng sampai 6 resep dari resep yang sudah aku posting di sini. Risol kulitnya bikin 5 resep. Cake ketan hitam aku buat 4 resep, terus hungkwe coklat aku buat 4 resep juga..jadi baru cukup untuk kebutuhan snack box  hari ini..hihi. Kalau yang nggak mau ribet ya memang ya..beli aja..mudah..di bakery banyak. Tapi kadang-kadang itu rasanya nggak sesuai selera. Beneran lebih enak buat sendiri kalau aku teman-teman. Selain itu lebih irit juga. Jika dengan 300 ribu kita sudah dapat 40 box snack 4 macam..dua gurih, dua manis plus aqua serta klethikan..coba..kalau pesan di bakery udah berapa..hihi. Nggak dapat 20 ribu kan ya. 

Enaknya lagi..akalu buat sendiri bisa kita buat ukuran besar-besar kuenya. Kayak Risoles..aku buat gede-gede..biar mantep dech yang makan..apalagi arisan buat bapak-bapak..hihi. Misoa juga..potongannya gede-gede. Kalau beli kan otomatis kecil-kecil ukurannya. Selain itu jika buat sendiri, tentu saja masih banyak sisa snack untuk keluarga, bahkan aku bagi-bagi tadi. Coba jika pesan..pastinya jika mau ikut kebagian keluarga kudu nambah pesanan kan ya..jadi malah over budgetnya..hihi. Jadi buat teman-teman di rumah yang ada acara arisan..dll..ayuk coba buat sendiri..banyak resep snack murah meriah enak yang sudah sering aku posting. Pastinya beda puasnya jika snack suguhan untuk acara itu buatan kita sendiri. Jika nggak mau terburu-buru..buat sebagian snack yang awet seperti risol, pastel atau kue lain yang awet, buat sehari sebelumnya, simpan di freezer. Jadi pas hari H tinggal buat tambahan resep yang fresh, misal puding, dll.


Kulit Risol aku buat tadi  5 resep dari resep berikut :

Risoles Isi Orak Arik Campur

Bahan Kulit :
150 gram terigu protein rendah atau sedang
1/4 sdk teh garam
2 butir telur
400 ml susu cair
2 sdk mkn minyak goreng, aduk rata

Cara Membuat :
Taruh tepung terigu dalam mangkuk bersama garam, buat lubang di tengah, pecahkan telur, aduk.Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk rata, masukkan minyak goreng, aduk rata lagi. Bila ada tepung yang masih menggerindil di adonan, saring pakai saringan adonannya sampai halus dan licin. Buat dadar tipis di loyang teflon 20 cm.

Noted :
Sisakan adonan kulit risoles untuk bahan pencelup, agar lapisan panir cantik dan lebih ekonomis, jadi tidak perlu pakai telur kocok banyak-banyak untuk pencelupnya. 


Bahan Isian ( ini untuk sekitar 50 risol ya isiannya, jika mau buat dikit di bagi aja resepnya )
300 gram ayam bagian dada, rebus, cincang
50 gram jamur kuping, rebus hingga mekar, iris halus
3 bungkus soun RRT, seduh air panas hingga lemas
300 gram wortel, rebus sebentar, serut dengan serutan keju 
3  butir telur
2 batang daun sledri, cincang
100 ml air kaldu ayam
2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1 sendok makan saus tiram
2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera )
1 buah bawang bombay, cincang halus

Bumbu  halus :
5 butir bawang m erah
2 siung bawang putih
1 sendok teh merica bulat

Cara membuat :
Tumis bawang bombay dan  bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan ayam, aduk rata
Masukkan jamur, wortel, air dan semua bumbu lain, kecuali sledri
Masak hingga meresap dan kuah dan mengering
Buat orak arik telur
Campurkan ke dalam tumisan, aduk rata
Masukkan sledri
Koreksi rasa hingga pas rasa gurih dan ada rasa sedikit manisnya
Jika sudah pas, angkat dan dinginkan

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit risoles
Isi dengan adonan isi seckupnya
Lipat bentuk risoles
Celup ke sisa adonan kulit risol
Gulingkan ke tepung panir kasar orange agar penampilan risolnya cantik.
Goreng ke minyak yang sudah di panaskan hingga matang
Sajikan dengan saus atau cabe rawit













Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts