Laporkan Penyalahgunaan

Oseng Kangkung Ndeso


Beberapa hari ini kok kurang semangat makan..soalnya lauknya yang aku masak begitu-begitu saja..ayam goreng..dll..kadang-kadang jenuh juga. Tapi karena lauk-lauk seperti itu favorit Yodha..ya gimana lagi..tetep harus masakin buat dia. Akhirnya aku kadang nyambel aja...udah bisa buat makan. Sebenernya aku lebih suka sayur-sayuran kalau makan. Tapi..kadang-kadang jika udah di kejar kerjaan..sekedar mau buat sayur favorit sendiri aja kok nggak sempat.

Tadi telat sarapan..lihat meja adanya roti tawar..dll..duch nggak minat. langsung dech ke dapur..tengok kulkas ada kangkung yang beli kemaren belum aku masak. Langsung dech aku oseng pakai tempe semangit..hemm..akhirnya..baru merasakan enaknya makan..hihi. Lebay yach..lha wong cuma pakai oseng kangkung aja gitu lho. Beneran dech teman-teman. Kadang kita misal jajan gitu ya..walau makanan mewah atau mahal, kadang nggak merasakan enaknya makanan..sekedar kenyang saja jika makanan yang kita makan tidak sesuai selera. Tapi..walaupun cuma makan kangkung, kalau masak sendiri dan sesuai selera itu terasa kok nikmatnya...hihi.

Oseng kangkungnya juga bukan oseng kangkung yang mewah ala resto pakai udang..aneka saus dll..cukup oseng biasa..oseng ndeso ala ibuku..pakainya tempe semangit..hemmm...inilah seleraku. Udah..nggak pakai lauk lain..cukup nasi merah sama oseng kangkung ini..plus sedikit kremesan sisa aku buat kemaren..enake rek..!

Oh ya..aku kemaren buat video cara menuang kremes dan menggulungnya..silahkan di cek di Instagram aku ya teman-teman. Di sana sering aku upload video-video singkat tips-tips dari dapur aku..misal cara mengocok telur untuk cake..mencampur adonan, dll. Rencananya mau rutin gitu buat video singkat di sana..karena praktis..bisa langsung upload dari smartphone. Yang video you tube beneran belum jadi ya..lama ngeditnya ternyata, belum jadi semua..hihi. Jadi jalan yang di instagram dulu..versi video tutorial pendek-pendek aja gitu. Jangan lupa follow akun IG aku ya teman-teman..@bunda_didi.

Ok..ini dia resep oseng kangkungnya, fotonya cepet-cepet soale udah kelaparan..telat sarapan..hihi. Sedikit tips, masak dengan api besar ketika kangkung masuk, maka akan cepat matang dan warnanya tetep cantik. Sajikan segera hangat-hangat segera setelah matang..enak..!

Oseng Kangkung Ndeso

Bahan :
1 ikat kangkung
100 gram tempe semangit yang masih keras
2 cm lengkuas
1 lembar daun salam
1/2 sendok makan gula merah
1/2 sendok teh kaldu ayam atau sapi dan garam secukupnya
1 sendok teh terasi bakar
50 ml air
5 cabai merah, iris tipis
5 cabai rawit merah, iris tipis
6 buah bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan  bawang putih, serta cabai hingga harum dan matang, masukkan terasi dan tempe, aduk hingga tempe matang.
Masukkan air dan semua bumbu
Aduk rata hingga gula merah larut
Besarkan api, masukkan kangkung
Aduk cepat hingga kangkung layu dan matang
Koreksi rasa
Sajikan segera setelah di masak.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts