Laporkan Penyalahgunaan

Lodeh Terong Cabe Hijau


Tadi waktu makan siang aku tanya Yodha mau makan apa..jawabnya...Ayam Goreng..! Ya oke dech Kaka..Mami buatin..walau sebenernya sudah pada taraf mblenger makan Ayam Goreng aku karena terlalu sering masak..hihi. Akhirnya aku buat lodeh saja..untuk maksiku..alhamdulillah kok malah lahap..tanpa melirik nasi goreng Yodha..hihi. Suami juga suka Lodeh Terong gini..ikutan aku dech..makan lodeh aja..sama ada keripik paru beli di soto Mba Lin tadi. Jadinya Ayam Gorengnya cuma Yodha yang makan. Untung cuma bikin 1/2 kg aja.

Buatku..lodeh terong ini sudah cukup nglawuhi..seger rasanya. Tadi pas nggak punya cabe merah..jadi pakai cabe hijau..jadilah...tetep sedep rasanya. Apalagi di tambah 3 potong ikan asap..sisa kemaren buat sambal bawang..hemm..tambah enak dan sedep rasanya. Abaikan warnanya yang pucat ya teman-teman..yang  penting..rasanya..hihi. Pokoknya kalau aku suka semua lodeh..mau kemerahan..kekuningan..atau pucat seperti ini..tetep enak menurutku...malah eksotis asli ndeso lodehnya. Cabe hijau menyumbang aroma dan pedas yang khas. Tak lupa ebi dan tempe semangit yang  menambah citarasa lodeh ini makin enak dan sedep.

Lodeh memang nggak ada matinya..semua sayuran enak di masak lodeh..dan aku suka semua. Sayange Yodha kok nggak suka lodeh..hihi. Jadi nggak bisa menularkan lidah Jowoku kepada dia. Kalau Papinya sich masih klop..satu selera sama aku. Soalnya juga terbiasa makan lodeh dan sayur lain di rumah..kalau anak jaman dulu..adanya itu ya di makan ya teman-teman. Beda sama anak sekarang yang mau makan aja di tanya dulu.." Mau makan apa sayang ? "..hihi. Kalau dulu anak banyak yo tiap hari adanya sayur lodeh dkk..lol..!

Okeh..langsung saja ya..resepnya di catet yuk..jika mau coba teman-teman..:)

Lodeh Terong Cabe Hijau

Bahan :
2 buah terong, kupas, potong sesuai selera
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
800 ml santan sedang
1 sendok makan ebi, seduh, biarkan utuh
50 gram tempe semangit, potong-potong
3 buah ikan asap ( optional )
6 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
5 buah cabai hijau besar, potong serong tipis

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang
Masukkan cabe hijau, ebi dan tempe semangit
Aduk rata
Masukkan santan dan bumbu lain
Didihkan
Masukkan ikan asap dan terong
Aduk sesekali dan masak hingga meresap dan terong matang
Koreksi rasa
Sajikan hangat

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts