Laporkan Penyalahgunaan

Sentiling Lapis



Snack buat tukang yang kerja di rumah itu..kalau *ruti-rutian kok malah nggak laku..hihi. Tapi..kalau jajan pasar dan gorengan itu di jamin ludes dalam sekejap. Jadi jika ada teman-teman yang sering menanyakan kok jarang buat cake atau roti yang kekinian..ya karena nggak pada suka di rumah. Cuma aku aja yang suka..piye coba..ntar aku yang melebar sendiri..hahah. Yodha dan papinya juga udah bosan roti-roti..jadi kalau makan sepotong dua potong aja..nah..kalau tukang yang kerja di rumah juga nggak suka..mau di apain sisanya..suka bingung gitu. Tapi ini aku kok punya pisang raja banyak..jadi pengen buat roti goreng kepang. nanti ah buat..kalau roti goreng masih lumayan pada suka dech..:D

Jadilah olahan snack ala aku ya sering singkong begini dech..murah meriah..hihi. Tapi walau singkong sekarang juga lumayan ya harganya..5 ribu satu kg..hihi. Nggak apa-apa dech..selama masih ada ya singkong di pasar, kalau nggak ada kan susah kalau mau makan singkong. Singkong ini bisa di olah jadi beragam makanan yang unik dan enak. Salah satunya sentiling ini. Sentiling ini hampir sama seperti lapis singkong, tapi tanpa santan. 

Di Semarang..masih ada beberapa bakery jadul yang menjual sentiling, di potong kecil-kecil, di letakkan dalam kotak mika kecil atau di tusuki dengan tusukan sate. Nah..kalu ini aku mau buat sentiling lapis aja..jadi ukuran satuan. Pakai cetakan kue sakura. Rasanya, enak sekali dan cantik bukan bentuknya teman-teman...?

Oke..langsung saja ini dia resepnya ya..sentiling, jajanan khas Jawa Tengah atau lebih tepatnya aku nemu jajanan ini ya sejak pindah ke Semarang sini.

Sentiling Lapis

Bahan :
500 gram singkong parut, peras jika berair
110 gula pasir ( jika suka manis boleh di tambah )
1/2 bungkus agar agar bubuk tanpa rasa.
1 sachet kecil vanili bubuk / 1/4 sendok teh
175 ml air
1/2 sendok makan garam
1/4 butir kelapa setengah tua, parut panjang, aduk rata dengan 1/8 sendok teh garam, kukus 10 menit untuk taburan.

Cara membuat :
Campur semua bahan, kecuali kelapa parut. Aduk rata.
Bagi adonan menjadi 3 bagian , beri warna hijau, kuning dan merah muda.
Panaskan panci pengukus, tuang sedikit adonan warna pink di cetakan kue sakura yang sudah di oles minyak atau di lapis plastik tebal, kukus 15 menit, tuang lagi adonan warna kuning. Kukus lagi 15 menit, terakhir masukkan adonan hijau, kukus terakhir selama 20 menit.
Dinginkan dulu sampai benar2 dingin, baru di lepas dari cetakan. Sajikan dengan kelapa parut.

Tips : Tutup kukusan dengan serbet agar air tidak menetes ke kue waktu mengukus.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts