Laporkan Penyalahgunaan

Sayur Lompong Tempe Semangit


Menu makan siang hari ini..cuma Jangan Lompong..atau Sayur Lompong plus Tempe semangit. Ada yang mau ngga ?..hihi. Enak lho..beneran...di makan sama nasi anget dan kerupuk aja udah enak banget dech. Oh ya..aku lagi mau mulai aktif share foto-foto masakan dan tips di Instagram nich teman-teman..jadi jika teman-teman di rumah punya Instagram, follow akun aku ya..@bunda_didi. Yang belum punya Instagram..ayuk buat akun ya..mudah kok..semudah Facebook, dll. Tinggal download aplikasinya di tab kita. Nah..nanti aku bakal sering upload foto-foto *behind the scene* waktu aku menyiapkan bahan atau menu yang aku masak setiap harinya..beserta tips ringan dan simple yang terlintas di kepala..hihi. 

Jadi seru..kan. Untuk hasil dan resepnya..tetep aku posting di web ini tentu saja. Karena kalau Instagram kan praktis jika motret proses masak tinggal jepret pakai kamera smartphone..langsung upload..nah kalau hasilnya, baru dech aku foto beneran untuk di posting di web. Oke..jangan lupa ya...buat akun Instagram jika belum punya..agar teman-teman bisa *kepoin aktifitas di dapurku..hahah dan bisa cepat juga jika mau share hasil mencoba menu-menu dari webku..tinggal colek aku aja jika mau ada yang di tanyakan, dll. Jadi Instagram ini adalah tempat untuk mengumpulkan koleksi foto-foto kita, kemudian bisa di share atau di lihat oleh teman yang follow akun kita. Seperti Pinterest ya..tapi kalau di kita lebih ngetop Instagram di bandingkan Pinterest. Dan nanti bakalan aku kasih kuis-kuis berhadiah juga secara berkala jika ada rejeki lebih di sana..biar seru ya.

Oke..menu kita hari ini..Sayur Lompong. Lompong itu batangnya talas, tapi yang khusus untuk di masak sayur, jadi nggak gatel rasanya. Aku tuch suka banget sayur lompong ini, karena citarasanya unik dan khas. Kali ini aku masak Lompong pakai Tempe Semangit dan Ebi..hemm..tambah enak banget dan sedep..aku aja tadi habis *nggado  ( makan tanpa nasi ) sayurnya sepiring kecil..hihi. Agar warna sayurnya agak cerah, sebagian cabai aku iris, sebagian aku ulek kasar, jadi warna sayurnya jadi cantik, ngga pucat. Agar Lompongnya bisa lemes waktu di masak, remas-remas dengan sedikit garam, cuci bersih, lalu peras.

Okeh..suka sayur Lompong juga, cobain ya..ini resepnya.


Sayur Lompong Tempe Semangit

Bahan :
1 ikat Lompong ( 10 an lonjor ukuran kecil-kecil )
150 gram tempe semangit yang masih keras
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
1 sendok makan ebi, rendam air panas hingga mekar, biarkan utuh
700 ml santan kelapa
Bumbu :
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 buah cabai merah, iris tipis miring
5 buah cabai  merah, ulek kasar

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan hampir matang
Masukkan cabai, aduk dan tumis hingga matang
Masukkan santan, dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan lompong dan tempe semangit
Masak dengan  api kecil hingga matang dan bumbu meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts