Laporkan Penyalahgunaan

Putu Tegal


Beberapa waktu lalu aku mencoba Putu Tegal dari salah satu bakery di sini. Kok unik warna warni gitu. Setelah aku cicipin..enak rasanya. Pas banget aku punya sedikit sisa pisang..jadi aku buat aja untuk snack tukang yang kerja hari ini. Penampilan Putu Tegal yang menarik ini ternyata memakai taburan gula yang di beri sedikit pewarna makanan merah..jadi lebih kaya warna dan menarik ya teman-teman. Putu ketannya berwarna hijau, pisang kekuningan, taburan kelapa parut yang putih bersih, dan taburan gula warna merahnya memberi efek cantik tersendiri.

Ini sebelum di hias gula dan kelapa parut..masih keliatan plain aja kan..datar gitu penampilannya..tapi setelah di beri sentuhan beberapa warna, jadi lebih menarik. Itu dia..semakin kaya warna..semakin meanrik ya makanan itu teman-teman..apalagi jika kue-kue..pasti akan lebih menarik. Yang utama adalah pilih pewarna makanan yang food grade ya..jadi aman. Selanjutnya..tinggal kreatitifitas kita masing-masing untuk menghasilkan suatu komposisi warna yang oke.

Putu Tegal ini, mudah saja membuatnya..tinggal aduk-aduk bahan, kukus, matang dech. Agar rasa makin legit, paling enak itu pakai pisang raja yang sudah benar-benar matang dan ranum, jadi aromanya juga akan harum sekali. Jangan yang karbitan ya..karena akan sepet rasanya jika di kukus. Jika tidak ada,..pakai pisang kepok yang matang juga enak.

Membuat adonan Putu Tegal ini cukup di awur-awur saja tepung ketannya, di perciki air agar lembab. Jadi Putunya akan empuk dan sedikit kenyal rasanya. Jangan di uleni ya..nanti liat hasilnya. Karena adonan nggak terlau manis, jadi bisa di taburi gula pasir waktu penyajiannya. Jadinya enak sekali rasanya..gurih..legit..dan harum aroma pisang..:)
 

Mau coba teman-teman..ini dia resepnya ya :

Putu Tegal

Bahan :
200 gram tepung ketan putih
100 ml air, campur dengan sedikit pewarna hijau
1/4 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir untuk campuran adonan
1 sendok makan gula pasir plus 1 tetes pewarna merah, aduk rata
100 gram kelapa parut
5 buah pisang raja yang matang, potong-potong

Cara Membuat :
Alasi loyang kotak dengan daun pisang
Tata potongan pisang dengan rapat di dasar loyang
Campur ketan putih, garam, gula pasir, dan 2 sendok makan kelapa parut, aduk rata
Perciki dengan air hingga lembab tapi masih berbutir-butir, secukupnya saja airnya
Letakkan adonan tepung ketan ke atas pisang, sambil sedikit di tekan-tekan agar agak padat
Kukus selama 30 menit hingga matang
Dinginkan
Potong-potong
Sajikan dengan kelapa parut yang sudah di kukus dan di beri sedikit garam
Taburi gula pasir merah




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts