Laporkan Penyalahgunaan

Roti Goreng Kentang Isi Ayam


Hari ini coba tepung terigu sample Double Zeronya Sriboga...terigu yang khusus untuk buat roti. Dari dulu sich penasaran sama terigu premium dari Sriboga ini..cuma dulu belum di jual kiloan...jadi hanya ke pelanggan-pelanggan khusus para pengusaha makanan berbahan tepung ini. Jadi ketika sekarang udah ada kemasan satu kilo..senengnya..jadi nggak penasaran lagi. 

Percobaan pertama aku buat roti goreng. Nggak tau kenapa..aku kok lebih suka roti goreng ya..di banding roti oven..hihi. Dasar pecinta gorengan. Rasanya itu, lebih menggigit dan gurih..dan citarasanya itu terasa makan roti..hahah..bingung kan. Beda sama makan roti panggang..aku cepat merasa bosan, tapi kalau makan roti goreng itu cemal cemil enak terus..hihi. Tapi sebisa mungkin sich aku kurangi ya makan yang goreng-goreng gini..kalau satu dua  biji..masih oke kan ya teman-teman..sisanya di bagi-bagi dan buat snack tukang yang kerja di rumah. Kalau Yodha dan papinya kurang suka roti goreng isi begini..mereka lebih suka donat.

Sebenernya tadi mau buat roti goreng original aja..pakai tepung terigu Double Zero ini aja biat tahu seberapa bagus hasilnya. Tapi..aku sudah pernah posting roti goreng yang versi tepung aja..jadi kok nggak belajar hal baru ya. Akhirnya aku kombinasi pakai tepung kentang aja, biar jadi resep baru. Hasilnya..enak..pakai banget. Roti gorengnya jadi empuk..lembut..menul-menul dan pori rotinya itu soft. Pokoknya nggak kalah dech sama buatan bakery..lebih enak malah menurutku di bandingkan jika beli di beberapa bakery dekat rumahku..hihi. Soale aku sering kecewa..kalau beli roti di bakery tuch penampilannya indah banget..tapi rasanya..biasa aja.

Tapi ingat..membuat roti itu banyak step yang harus di lakukan ya teman-teman..jadi sabar ya..butuh waktu dan sedikit usaha untuk menikmati roti goreng..yang hangat dan enak ini..hihi. Buat teman-teman pemula yang baru belajar membuat roti, perhatikan step-stepnya ya..jangan ada yang terlewat. Dan jangan cepat menyerah..misal..menguleni adonan ada kendala..suka bingung kok lama belum kalis juga..dll..harus tetap semangat nguleninya..gagal pertama nggak perlu jadi *drama..melow..sedih..dll. Coba lagi..dan lagi..pasti lama-lama bisa mengusai cara membuat adonan roti yang benar. Sebelum bisa bikin roti dulu pun aku belajar dan pakai sering gagal lho..itu hal biasa..nanti lama kelamaan akan tahu di mana salahnya. Sekarang sich..santai aja..alhamdulillah aku sudah bisa menjinakkan berbagai adonan roti..:D

Okey...sudah mengumpulkan semangat untuk mencoba ?..Yukk..catat dulu ya..resepnya ya teman-teman..:)

Roti Goreng Kentang Isi Ayam

Bahan :
300 gram tepung terigu protein tinggi ( aku pakai Double Zero Sriboga )
75 gram tepung kentang, seduh dengan air panas hingga jadi adonan kentang kukus yang kalis
50 gram gula pasir
1 sendok teh ragi instan
1 butir telur
75 - 100 ml air hangat ( secukupnya aja ya sampai adonan kalis )
1 sendok makan susu bubuk
1/2 sendok teh garam
2 sendok makan margarin

Cara Membuat:
Aduk semua bahan kering kecuali garam, serta tepung kentang yang sudah di seduh
Masukkan telur dan air sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga rata 
Masukkan garam dan margarin, uleni rata hingga menjadi adonan yang kalis dan elastis, sambil di banting-banting ya agar elastis. Cirinya, waktu di banting itu seperti bergerak kembali adonannya. Jika di tarik..elastis ngga mudah sobek.
Tutup dengan plastik wrap atau serbet, diamkan 30 menit hingga mengembang
Bagi jadi 30 bagian, bulatkan ( jangan takut, adonan awal memang kecil, tapi nanti setelah fermentansi akan mengembang..dan waktu di goreng juga mengembang jika adonannya benar..:D )
Diamkan 10 menit
Pipihkan, isi dengan adonan isi secukupnya
Bentuk bulat pipih
Lakukan hingga adonan habis
Diamkan adonan 20 menit
Celup ke air, gulingkan ke tepung panir kasar sambil agak di tekan agar menempel rata ke seluruh permukaan roti.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang dan kering luarnya ( aku pakai minyak padat )
Bahan Isi :
250 gram daging ayam bagian dada, rebus , suwir halus
100 ml santan
4 butir bawang merah, 1 bawang putih, 10 butir merica, 1 kemiri, haluskan, lalau tulis hingga harum di tambah 1 lembar daun jeruk dan 1 batang serai.
Masukkan santan, ayam, bumbuin dengan 1/4 sendok teh kaldu ayam, 1/2 sendok makan gula pasir, dan garam sesuai selera.  Masak hingga meresap dan kering, koreksi rasa hingga pas gurih manisnya. Dinginkan.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts