Laporkan Penyalahgunaan

Olos Lagi....!


Sore tadi aku buat Olos lagi. Apa itu Olos ?...sudah pernah aku ulas ya dulu. Olos..adalah jajanan khas Tegal yang terbuat dari aci dan di  beri isian. Kalau dulu aku buat versi modifikasi aku isinya, sekarang aku buat original..isi tumisan kol aja..thok..ngga pakai yang lain.

Aku tadi buat Olos pakai tepung Cireng. Seperti biasa, jika kau memperkenalkan produk baru, pasti banyak teman yang menanyakan variasi resepnya, agar tidak bosan di buat cireng terus. Makanya tadi aku coba buat Olos dari Tepung Cireng ini..dan hasilnya..oke..doke..enak..empuk Olosnya..dan warnanya cantik. Apa itu Tepung Cireng, lihat ulasanku di SINI ya.

Membuat Olos ini mudah saja, tapi perlu tambahan sedikit terigu, agar tekture Olos ngga liat dan mudah di buat adonan yang kalis, tapi lembut. Aku tadi pakai 1 pack tepung cireng, di tambah terigu, lalu tinggal di buat adonan yang agak kalis, tapi masih lembut dan mudah di bentuk. Jangan terlalu kering ya teman-teman adonannya, supaya Olos tidak keras.

Kalau aslinya Olos bentuk bulat-bulat dengan isian di tengahnya. Aku tadi buat dua bentuk satu bulat, satu bentuk setengah lingkaran seperti pastel, untuk membedakan, isian yang pedas dan yang tidak, agar Yodha juga bisa makan. Kemaren pernah makan tahu isi, keliru pedas, ngamuk-ngamuk lucu Yodha..katanya..kenapa tahu di isi cabe..hahah.

Kalau aslinya sich, Olos memang pedas rasanya. Isinya tumisan kol aja sama daun bawang, di beri bumbu pedas cabai rawit. Kalau aku tadi, cabenya aku utuhin aja, biar sebagian jadi ranjau aja, jadi bisa di pisahin, mana yang di buat pedas atau tidak, jadi biar anak-anak bisa makan gitu teman-teman. Kalau di buat pedas semua kan kasian anak-anak..kepedesan cabai rawit merah..hihi.

Menggoreng Olos ini, jangan terlampu lama ya teman-teman, agar kulit luarnya nggak keras. Makanya, buat kulitnya jangan terlalu tebal agar mudah matang. Yang penting Olos udah mengembang dan mengapung, putar-putar sebentar selama di goreng, agar semua bagian terkena minyak dan matang merata. Jika daun bawang di kulit sudah terlihat kecoklatan atau kering itu tandanya udah matang, tidak perlu menunggu Olosnya kecoklatan, sudah bisa di angkat. Jika terlalu lama di goreng, malah rawan meletus Olosnya...hihi. Tapi nggak sampai meledak-ledak gitu kok..paling bentuknya jadi benjol-bejol nggak bulat mulus, kalau kelamaan di goreng.

 Oke dech, langsung saja ya, mari kita buat Olos ya....


Siapkan Tepung Cireng 1 bungkus, tambahkan tepung terigu 100 gram, karena nambah tepung, garam boleh di tambah, 1/4 sendok teh, juga merica 1/4 sendok teh, lalu tuangi air panas secukupnya, daun bawang iris secukupnya, aduk rata, hingga jadi adonan kalis dan mudah di bentuk seperti ini. Sisihkan.


Setelah adonan siap, kita siapkan isian dulu ya teman-teman..mudah saja. 250 gram kol, di iris halus, 1 batang daun bawang, iris halus, 2 bawang merah, 1 bawang putih, haluskan. 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam, 1 sendok teh gula pasir. Jika mau pedas, cabai rawit merah secukupnya, jangan lupa ya.


Caranya, tumis bumbu halus hingga matang, masukkan kol, cabe dan semua bumbu. Aduk rata dan masak hingga kol layu dan matang seperti ini. Jika mau pedas semua, cabai di ulek kasar. Tapi kalau aku aku pisah aja, sebagian ngga pedas, sebagian di kasih ranjau cabe rawit utuh..hihi.


Ambil sedikit adonan, pipihkan, isi dengan bahan isian secukupnya, lalu bentuk bulat atau sesuai selera, lalau goreng hingga matang. 




Oh iya..jika suka Cireng krispi keriting yang original..cara pembuatannya secara detail bisa teman-teman lihat di video ini yaaa :)



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts