Laporkan Penyalahgunaan

Mie Siram Jamur & Sayuran


Menunya..masih tumisan simple dulu ya teman-teman..karena lagi menguras apa yang ada di kulkas sebelum belanja lagi besok. Mulai lebih menahan diri untuk tidak menuhi freezer dan kulkas dengan bahan mentah..hihi..dan akan lebih sering pakai bahan yang fresh aja..soalnya biasanya kelupaan nyimpan bahan di freezer..jika lagi sibuk. Karena saat ini semua bahan makanan itu mahal ya teman-teman..sayang jika mubazir terbuang tidak kita masak, karena kesibukan. Beli terong aja..3 ribu satu buah sekarang ya..huhu. Cabai sampai ada yang 80 ribu ya per kg ?..Wah..ngalahin tepung kentangku hahah.  Menu kali ini simple lagi..masih sejenis cap cay..tapi kali ini aku kombinasi pakai mie yang di goreng. Ya sejnis I Fumie atau Mie Kering siram...tapi ini nggak otentik sich..karena sesuai bahan yang ada di kulkas saja plus sayuran dari Budhe sayur..semua masuk..haha.

Menu ini ringkas dan simple, tapi enak. Yang membuat unik adalah sensai kriuk renyah mie yang di goreng..akan melembek perlahan karena terkena kuah panas. Jika ingin sensasi kriuk *cakrik-cakrik renyah, segera sajikan begitu matang. Aku suka tekture mie yang di goreng berpadu dengan kuah yang gurih dan kental..serta aneka sayuran..jadi dech menu sepinggan yang enak rasanya.

Bahan tumisan, bebas, mau sayuran apa aja yang teman-teman suka. Mau pakai ayam..udang..jamur atau apa aja dech sesuai selera. Intinya..mie goreng yang di siram kuah seperti ca / cap cay. Aku pernah beli di seafood ala mahasiswa gitu malah cuma sayuran wortel, kol, caisim, sama bakso dan sosis pasar yang murah gitu, enak juga..hihi. Jadi pokoknya menu ini cocok untuk bersih-bersih isi kulkas teman-teman..haha.

Mie yang di pakai bisa mie apa aja..sebelum di goreng di lemaskan dulu dengan cara di rebus sebentar, jadi akan mudah membentuknya menjadi bulat seperti sarang ketika di goreng. Goreng di minyak banyak..cepat kok. Oke..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka..ini dia resepnya :) Ini resep versi simple aja ya...silahkan di tambah atau di kurangi bahannya. Maaf fotonya tadi masih kurang cahaya teman-teman..jadi agak gelap..:D

Mie Siram Jamur & Sayuran

Bahan :
200 gram mie kering
50 gram udang kupas segar
50 gram jamur kancing
1 buah wortel, potong tipis
4 lembar daun sawi hijau, potong kasar
1 batang daun bawang, potong panjang serong
5 buah bakso, potong 2 bagian
1 paha ayam rebus, potong-potong
2 siung bawang putih, geprek, 1/4 bawang bombay, iris panjang
1 cm jahe, geprek ( optional )
1 sachet saus tiram
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
Garam secukupnya 

Cara Membuat :
Rendam mie kering di air panas hingga mekar
Susun di serok berbentuk bulat, goreng hingga kering ( bisa jadi  3 bulatan )
Tumis bawang putih dan bawang bombay, masukkan udang, aduk hingga berubah warna
Masukkan ayam, bakso, jamur, dan wortel, dan semua bumbua lain. Tuang 150 - 200 ml air
Masak hingga wortel layu, masukkan sawi hijau dan daun bawang, aduk rata
Koreksi rasa
Kentlakan kuah dengan sedikit  maizena yangd i encerkan dengan air jika perlu
Siramkan kuah sayuran ke atas mie
Sajikan segera hangat



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts