Laporkan Penyalahgunaan

CapCay Jowo Pedas



Kemaren sore Yodha minta Mie Goreng Jowo..karena lagi nggak punya mie, kita beli aja di warung Mie Jowo. Sekalain aku pesan Cap Cay Jowo favoritku. Tapi eh ternyata kok rasanya nggak seperti biasa yo..huhu..jadi kuciwa. Padahal biasanya itu CapCay Jowo di warng Mie Jowo langganan kami itu enak. Akhirnya tadi buat tombo gelo aku buat sendiri di rumah dech...sekalian ngabisin stock bahan yang tersia dikit-dikit, tinggal beli sayur di budhe sayur. Tapi pas ndak punya sawi hijau..akhirnya cuma kol bunga kol dan wortel serta daun bawang aja sayurannya.


Cap cay ala Jowo dulu pernah aku posting juga, tapi kali ini aku buat versi pedas..pakai cabai merah dan rawit. Di makan hangat-hangat enak..langsung melek dech..buat obat pusing..hihi. Yang bikin Cap Cay Jowo beda dengan CapCay ala Chinese Food itu karena bahannya memang nggak komplet banget..yang harus ada itu sayuran seperti kol dan wortel, kembang kol, bisa di tamah sawi hijau..dan ada suwiran ayam, ati ampela rebus, dan bakso. Biasanya pakai kekian Jowo yang terbuat dari tepung juga, tapi tadi lagi malas buat, aku nggak pakai.

Satu lagi ciri khas CapCay Jowo ala pedagang Mie Jowo itu..pakai sedikit kecap..dan ini yang membuat rasanya itu enak dan unik..jadi lebih balancae gurihnya. Di padu cincangan cabai rawit yang sekalian masuk ke dalam CapCay..rasanya itu enak, gurih..pedes kemepyar :D

Oke, jika mau coba, aku tuliskan resepnya ya..aku asal cemplung aja kalau masak..ajdi misal..resepku yang dulu atau sekarang kadang sedikit beda takaran bumbu..no problemo..karena kadang jumlah bahan juga menyesuaikan apa yang ada di kulkas..hihi. Yang jelas, rasanya enak semua :D. Jika lagi nggak punya stock ayam atau ati ampela, beli saja di warung soto..itu biasa jual sate ayam dan sate ati ampela tho teman-teman..nah..tinggal beli 2 atau 3 tusuk, udah bisa buat campuran CapCay Jowo ini..hihi.


CapCay Jowo Pedas

Bahan :
1 butir telur
1  buah wortel, potong tipis-tipis
1 buah cabai merah besar, potong serong
3 cabai rawit merah, potong kecil-kecil
50 gram bunga kol, potong-potong
2 lembar kol, potong kecil-kecil
1 buah paha ayam rebus, potong tipis-tipis
1 buah ati ampela rebus, potong tipis-tipis
5  buah bakso, belah 3  bagian
1 batang daun bawang, potong-potong
1/4 buah bawnag bombay, iris panjang
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
1 sendok makan kecap manis

Bumbu Halus :
1 siung bawang putih, 1 butir kemiri
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay hingga layu dan  harum, masukkan bumbu halus, tumis kembali hingga matang
Sisihkan bumbu di sii wajan, masukkan telur, buat orak arik kasar
Masukkan semua bahan dan bumbu kecuali kol dan daun bawang dan kecap. Tambahkan 50 ml air, tutup sebentar hingga sayuran layu.
Aduk rata, masukkan kecap
Koreksi rasa, jika sudah pas rasanya..angkat dan sajikan hangat


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts