Laporkan Penyalahgunaan

Bawal Bakar Pedas Manis


Selamat liburan dan selamat merayakan hari raya Nyepi ya buat teman-teman yang merayakannya. Liburan cuma sehari, aku di rumah aja..seperti biasa, tetep kerja menyiapkan packingan buat besok, dll..dan tetap ke pasar pastinya..hihi. Tadi Yodha ikut ke pasar karena libur, aku tawari ikan bakar..kok mau dia. Aku sudah pada taraf mblenger masak daging terus..hihi. Tapi Yodha maunya ikan bawal..oke dech..malah lebih fresh ya Kak..jadi enak di bakar. Bawal kan termasuk ikan air tawar ya teman-teman..jadi ikannya selalu di jual dalam kondisi segar, dan akan terasa manisnya jika di bakar. Apalagi bentuknya pipih tipis aja, jadi mudah matang dan bisa meresap bumbunya.

Seperti biasa, Yodha mintanya ikan bakar kecap aja..manis gurih. Tapi buat variasi, aku tambah cabai merah tadi..jadilah ikan bakar pedas manis. Cabainya pakai cabai merah aja, jadi nggak terlampau pedas buat anak-anak. Rasanya..enak sekali..Yodha suka dan lahap makannya. Alhamdulillah..jadi biar nggak bosan makan daging terus tiap hari. Selain bawal..lele juga enak di bakar dengan bumbu ini. 

Kalau memilih ikan untuk ikan bakar sebaiknya pilih ikan yang masih segar ya teman-teman, agar tidak amis aromanya. Paling bagus sich, ikan air tawar aja, seperti lele, gurame, dll..jadi selalu di jual dalam kondisi segar. Pilih ikan yang jangan terlalu besar agar mudah matang. Tapi jika terpaksanya ikannya besar, goreng dulu aja sebentar dech agar pasti matang dalamnya, kecuali kalau telaten membakarnya dalam waktu lama..hihi. Rasanya, sama kok..teteap ras aikan bakar..walau di goreng dulu..hihi. Jadi untuk mematangkan semua bagian ikan aja, proses menggorengnya, selanjutnya..ya di bakar.


Oke dech langsung saja ini dia resepnya ya :

Bawal Bakar pedas Manis

Bahan :
4 ekor ikan bawal ukuran sedang
1 sendok teh air jeruk nipis
6 sendok makan kecap manis
5 buah cabai merah
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh kaldu dan garam sesuai selera

Cara membuat :
Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam 1/2 sendok teh, sisihkan
Haluskan bumbu kecuali kecap manis
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan sedikit air ( 50 ml ) dan kecap serta bumbu lain
Aduk rata hingga mengental
Oleskan bumbu ke seluruh permukaan ikan
Bakar hingga matang dan harum ( jika mau praktis, goreng dulu ikan hingga matang, tapi belum kering, lumuri bumbu, bakar di teflon aja bisa..hihi )
Sajikan dengan sambal sesuai selera. Paling pas sich sambal mentah cabai rawit dan bawang aja..kan ikannya sudah gurih manis berbumbu..jadi di padu pedas segar dan fresh sambal dadak cabai rawit..hemmm..enak sekali.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts