Laporkan Penyalahgunaan

Tahu Petis Renyah


Sore tadi..hujan rintik - rintik...kok pengen nyemil yang gurih-gurih dan hangat, untung masih punya tahu. Jadi kepikiran pengen tahu petis. Tapi, bikin tahu petis yang dalamnya di isi petis..kan udah biasa ya..jadi pengen buat yang beda. Akhirnya kepikiran tahunya di goreng hingga garing, dan di bumbuin, jadi udah gurih tahunya, baru dech di cocol sambal petis. Ternyata..enak juga..ada sensasi gurih,  kriuk renyah tahunya berpadu sambal petis yang pedes sedep..hemm enak banget. Tak terasa sepiring habis berdua sama suami. Kalau Yodha sich gak mau ngemil tahu, aku buatin bakwan jamur tadi dia suka. Duch..kalau musim hujan gini..gak bisa nahan makan goreng-gorengan..walau merasa * berdosa * sama tubuh..hihi.




Kalau di Semarang, tahu petis itu pakai petis yang lembek, yang agak murah harganya, karena banyak tepungnya. Nah..petis lembek ini sudah gurih manis sich, tapi biasanya di penjual gorengan pinggir jalan, tetep di tambahin bumbu lagi, jadi sesuai selera masing-masing penjual. jadi..walau petis yang di pakai sama, hasil citarasa akhirnya tetap beda. Petis lembek ini memang memberi sensasi rasa lumer di mulut ketika di padu dengan tahu goreng yang masih hangat. Biasa tahunya masih agak basah di dalam.

Tapi jika untuk cocolan, lebih cocok pakai petis berbumbu yang kesat dan kental, seperti yang aku jual produknya, karena citarasanya berbeda. Petis ini terbuat dari udang asli yang di masak dengan campuran sedikit tepung, sehingga hasilnya lebih kalis dan kesat, kental banget, jadi lebih tahan lama. Selain buat cocolan, bisa juga untuk menu masakan yang berbumbu kacang seperti rujak cingur, tahu telur, tahu gimbal, dll.

Petis yang sudah berbumbu yang aku pakai, petis berbumbu jualanku..hihi..buatan umkm seperti ini nich..kesat dan kental..enak..:)



Tadi aku coba versi beda dari tahu petis. Tahunya aku pakai tahu berkulit yang tengahnya basah, setelah itu tahu aku belah 3 bagian, tapi nggak sampai putus, selanjutnya di rendam bumbu garam, bawang putih ketumbar dan sedikit kaldu ayam, diamkan hingga meresap, baru di goreng hingga kering. Jadi tahunya juga udah gurih hingga ke bagian dalam. Tapi jangan terlalu asin ya teman-teman bumbuinnya. Selanjutnya, tinggal di makan dech anget-anget, pakai petis pedas. Kalau buat jualan, cocoknya petis di plastik terpisah gitu ya teman-teman, pasti lebih menarik.

Oke..semoga bermanfaat tipsnya ya teman-teman.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts