Laporkan Penyalahgunaan

Simple Bulgogi


Menu kali ini daging lagi..hihi. Yodha lagi suka daging, jadi menunya sering minta daging. Sudah berbagai olahan daging aku coba untuk dia, dan alhamdulillah suka semua. Nah..biar nggak bosan kemaren aku coba membuat daging panggang Bulgogi ala korea sendiri, seperti favorit Yodha kalau makan di resto Korea. Ternyata dia suka..walau kualitas dagingnya tentu saja beda jika di bandingkan beli di restoran Korea..hihi. Karena kalau di restoran pakai daging sirloin impor yang mahal, aku cukup pakai daging has dalam beli di pasar aja wis..cukup..murah meriah. Biar bisa empuk, ada tehniknya teman-teman, potong tipis-tipis melawan serat ya, pakai pisau tajam. Bekukan dulu di freezer dagingnya sampai agak padat, akan lebih mudah mengirisnya dalam bentuk tipis.

Yodha langsung tahu, waktu aku masak ini, katanya..seperti masakan Korea..hihi. Memang lagi kangen drama Korea nich. Beberapa waktu terakhir ini, aku memang nggak sempat nonton drama Korea..biasanya seminggu satu kali di sempatin..sekarang wis..nggak sempat sama sekali. Selain itu memang belum ada drama baru yang menarik perhatianku..huhu. Di tivi chanel Korea, juga nggak ada yang aku suka..ada beberapa drama baru yang lagi tayang. Akhirnya nonton film-film pendek aja biasanya, tapi kok ya kurang asyik ceritanya. Aku rindu cerita-cerita yang seru..hihi..aku suka drama Korea yang bercerita tentang para anak-anak Chaebol ( konglomerat Korea ) yang jatuh cinta sama gadis biasa..haha atau fantasi romantis seperti Secret Garden, atau tentang kehidupan artis Korea..seperti You Are Beautiful itu bagus banget..hihi. Ya moga aja segera ada yang drama Korea baru di tahun ini yang fenomenal lagi. Denger-denger sich ada drama terbaru yang main si ganteng Rain yang tayang akhir februari ini, moga-moga bagus ceritanya..:)

Halah..malah ngomongin drama Korea..baiklah..kembali ke dapur lagi ya..kali ini aku buat menu Korea nich..aku adaptasi dari beberapa website Korea resep Bulgoginya, hanya saja menyesuaikan bahan yang ada di Indonesia, jadi aku kasih judul Simple Bulgogi..karena ada beberapa bahan yang aku nggak punya, dan mungkin memang nggak boleh di pakai, baiklah, kita tinggalkan aja, ganti yang ada..simple kan..hihi. Masak itu nggak perlu ribet dan rumit. Kecuali masakan yang otentik, seperti Kimchi gitu ya aku belum minat untuk mencoba, karena memang bumbu utamanya..saus merahnya nggak ada, dan juga aku kurang suka kimchi. Kalau daging panggang ini, bumbunya di ganti sedikit aku kira tetep enak citarasanya. Dan beneran..enak lho..yang aku ganti hanya Mirin ( arak Jepang ) aku ganti dengan saus tiram aja..:D, lainnya sama resepnya dengan aslinya.

Ok, selamat mencoba ya teman-teman, jika suka masakan Korea. Biar warnanya cantik dan meriah, bisa juga di tambah wortel yang di iris korek api , dan daun bawang serta taburan wijen. Aku lagi kehabisan semua pas masak kemaren..jadi ya nggak pakai..hihi. Maaf jika fotonya seadanya ya teman-teman, selain kemaren masaknya malam, kalau masak daging panggang seperti ini, juga nggak sempat plating..karena begitu matang ya, harus segera di nikmati langsung agar citarasa dagingnya empuk, tuch makanya..aku manggangnya juga langsung di atas meja makan..:D

Simple Bulgogi

Bahan :
300 gram daging has, iris tipis melawan serat
1/2 buah bawang bombay , iris panjang
2 sendok makan kecap manis
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok makan madu
1 sendok makan saus tiram
2 siung bawang putih, haluskan, 1 cm jahe, haluskan
1/2 sendok makan minyak wijen
1/8 sendok teh merica
1 sendok makan buah pir  parut

Cara Membuat :
Campur semua bahan, aduk rata, diamkan di kulkas beberapa jam atau semalaman agar bumbu meresap
Panggang di panggangan hingga matang
Sajikan langsung hangat begitu matang



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts