Laporkan Penyalahgunaan

Lodeh Tempe Gembus dan Bunga Bawang


Waktu aku masak tumis bunga bawang kemaren, banyak teman yang komen di page bahwa bunga bawang ini enak di masak cara lain, misal di lodeh atau di bothok. Duch senengnya..serasa dapat pencerahan, karena aku suka banget bunga bawang ini..jatuh cinta pada gigitan pertama pokoknya..hihi. Jadi memang aku baru kenal bunga bawang ini sejak pindah pasar Jati..dulu di pasar lama aku sering belanja jarang nemu sayuran ini. Nah sejak itu jadi suka. Tapi cara masak yang aku tahu cuma di tumis aja gitu. Nah..kemaren dapat masukan dari teman-teman tuch seneng banget dech.

Tadi pas ke pasar lihat bunga bawang seger-seger, langsung dech beli...dan cita-cita pertama pengen mencoba di masak lodeh..sesuai saran mba Gizela di fb. Dan..wow...memang enak banget juga. Sipp dech..jadi aku nggak bakalan mati gaya lagi dech mengolah di bunga bawang yang cantik nan eksotis ini..suka..suka..dan tambah suka sekarang. Karena ternyata di masak lodeh itu enak..pakai banget. Citarasanya tetep manis kres dan membuat aroma lodehnya tambah harum.

Kali ini aku campur sama tempe gembus..hemm..enaknya. Lembut tempe gembus berpadu renyah kres wangi aromatik aroma bunga bawang..jadi nggak sabar pengen cepat-cepat nyicip pokoknya waktu masak. Tempe gembus tuch tempe ampas tahu tuch lho teman-teman, enak di buat mendoan atau di lodeh, di oseng, di bacem, dll. Kalau buat makan malam biasanya aku udah mblenger masak daging-daging atau ayam untuk anak dan suami..tapi kalau buat aku sendiri, kok lebih milih menu lodeh seperti ini..hihi..*lidah ndeso gak bakal ilang..*

Tapi beneran..ini di makan pakai nasi hangat sama kerupuk aja sudah enakkk...! Aku tuliskan resepnya ya teman-teman, jika mau coba :)


Lodeh Tempe Gembus Bunga Bawang

Bahan :
150 gram bunga bawang, potong sesuai selera
150 gram tempe gembus, potong sesuai selera
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan ebi, rendam air panas
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi
Garam sesuai selera
700 ml santan sedang

Bumbu Iris :
5 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
5 cabai rawit, potong serong
3 cabai merah besar, potong serong

Cara Membuat :
Tumis bawang merah, bawang putih hingga harum dan matang
Masukkan cabai,  lengkuas, salam, tumis hingga layu
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan tempe gembus, masak hingga meresap
Masukkan bunga bawang, masak hingga layu
Koreksi rasa, sajikan hangat




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts