Laporkan Penyalahgunaan

Sambel Pecel Kediri


Masak apa hari ini teman-teman..atau nggak masak ya..lagi liburan pastinya di luar kota. Hemm..membayangkan kalau liburan itu tempat makan yang terkenal pasti antri dan penuh sesak ya..hihi. Jadi yang masih setia di rumah..mari masak aja yukk..nggak perlu antri dan berjubel, tetep bisa makan enak di rumah. Menu dapurku kali ini..baru sambel pecel tapi je..sayurannya belum matang. Tapi enak buat cocolan gorengan juga kok..jadi siapa yang mau nyuwil sambel pecelnya..silahkan..di kasih air panas, *di jeri*..istilah Jawanya..buat cocolan gorengan..hemm..enak. Sambel Pecel kali ini spesial, khas Kediri. Ada beberapa kota yang memang terkenal dengan sambel pecelnya ya teman-teman, antara lain Madiun dan Kediri. Masing-masing punya keistimewaan sendiri-sendiri. Nah kali ini yang aku buat, itu sambal pecel khas Kediri..kiriman resep dari mba Marisa. Resep ini otentik lho..resep warisan dan dari dulu ya seperti ini nggak berubah resepnya. Tapi resep dalam jumlah banyak sekalian ini teman-teman, jadi bisa buat nyetok sambel pecel sebulan, atau mau buat usaha..mungkin..oke juga kayaknya.

Ngomong-ngomong soal sambal pecel Kediri..aku memang sudah mencicipi keistimewaannya sejak jaman dulu single dan tinggal di Yogya. Aku kan waktu terakhir kerja sekitar 2004 kos di tempat teman yang punya rumah kost besar..nah karena di lingkungan UPN, anak kost lain tuch mahasiswi semua..cuma aku yang udah kerja..jadi sesepuh dech di kost-san..dan setiap pada mudik..pada bawa oleh-oleh dech anak-anak kost..yang paling aku tunggu dan spesial itu ya sambel pecel Kediri ini. Ada anak kost asal Kediri, yang kalau mudik selalu di bawain sambel pecel buatan Eyangnya..itu enak banget. Nah..waktu mba Marisa kirim resep sambel pecel khas Kediri ini, duch senengnya..jadi bisa buat sendiri di rumah. 


Setelah aku coba tadi..hemm..enak..mungkin sama seperti bayanganku sambal pecel Kediri yang sedep, berbumbu kuat dan miroso. Tips dari mba Marisa, memang takaran bumbu rada banyak seperti bawang putihnya, tapi nggak bakal pengar kok, karena di goreng. Aku udah buktikan memang, nggak tajam kok aroma bawangnya. Kuncinya ternyata di goreng terlebih dahulu bawang putihnya. Terus hasil akhir sambel pecel Kediri ini, lemes, berminyak dan nggak kering..wah..pas dong..aku tadi hasilnya ya seperti itu..jadi udah betul dong ya mba Marisa...hihi. Semoga..!

Ini dia hasil sambel pecel buatanku tadi, aku potong kotak-kotak buat stock di kulkas, jika pakai tinggal ambil. Kuncinya jangan pakai air ya teman-teman waktu menggiling bumbu. Jadi bisa lebih awet sambel pecelnya, jika sewaktu-waktu di butuhkan tinggal kasih air panas. Oke..ini dia resepnya aku copiin dari mba Marisa ya..:

Sambel Pecel Kediri

Resep untuk 2 kg bumbu pecel: -1 kg kacang tanah -700 gram gula merah/gula aren -20 biji cabai merah,ukuran sedang. -cabe rawit segenggam (jika suka pedas) -20 biji kencur,ukuran sedang -40 siung bwang putih,ukuran sedang. -asam kira-kira 20 mata asam segar, maksudnya asam yang matang tapi masih fresh tuch lho teman. -4 sdm garam,tidak munjung,tidak peres,jd sedang2 aja. atau pakek yg kotak 1 biji. -11 lembar daun jeruk.
 
Cara Membuat :
Goreng kacang hingga matang, tiriskan, giling hingga masih agak kasar
Goreng bawang putih,cabai merah, dan kencur, haluskan 
Sisir gula halus, campur bumbu halus,garam, asam dan kacang aduk hingga tercampur rata.
Koreksi rasa, agar pas sesuai selera rasanya 
Padatkan, bagi sambel pecel sesuai kebutuhan , kemas di plastik atau di toples.
Simpan di kulkas atau di freezer jika mau lebih awet.
Jika mau di pakai tinggal di cairkan dengan air panas.


Hemm...jadi pengen gablok pecel besok..pakai sambel pecel Kediri ini..pasti..yummy....!


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts