Laporkan Penyalahgunaan

Rendang Kerang


Akhirnya nyebrang ke luar Pulau Jawa nich teman-teman..kali ini kita mau mencicipi rendang ya. Rendnag daging..sudah biasa dan sudah sering makan pasti ya teman-teman. Gimana kalau mencicipi rendang jenis lain...pasti akan jadi petualangan rasa baru yang menarik. Dan..beneran..setelah mencoba menu rendang kerang ini memang unik..beda dan tentu saja enak..harum wangi semerbak waktu masak..sudah mengundang selera. Pas udah matang, bumbu rendang yang sedep di masak perlahan sehingga meresap dan menyelimuti kerangnya..wah..enaknya.

Resep rendang kerang ini kiriman mba Ria Damayanti. Jadi mba Ria nich menikah dengan suami beliau yang asli Padang. Nah..karena berasal dari Jawa..awalnya mba Ria..awalnya agak kaget untuk menyeseuaikan lidah Jowonya..hihi. Semangat ya mba..pasti agak kaget memang..untuk menikmati citarasa dua masakan yang berbeda. Karena sering ketemu menu  Padang..mba Ria kadang kangen menu Jowo..jadi kalau lagi di rumah sendiri masaknya sayur lodeh..hihi. Nah suatu ketika, mba Ria dan keluarga berkunjung ke tanah leluhur suami di daerah pesisir Padang. Di sana ketemunya tentu saja makanan Padang lagi...sampai mblenger mau makan apa kata beliau. Tapi ketika Budhe suami mba Ria membawa menu rendang yang baru, yaitu rendang lokan ini..mba Ria suka rasanya..dan sejak itu jadi suka menu ini. Aslinya sich pakai lokan ( keong sawah ), tapi bisa di ganti kerang. Dan akhirnya menu ini jadi menu favorit mba Ria dan suami dan sering masak sendiri di rumah hingga sekarang.

Karena penasaran rasa rendang kerang ini..aku mencobanya kemaren. Dan memang enak rasanya. Rasa rendang, tapi nggak terlalu kuat bumbu rempahnya..jadi enak aja. Tapi maaf ya mba Ria..seperti biasa..rendang kerangnya agak aku modif jadi rendang Jowo..haha. Aslinya nggak pakai gula..tapi menurutku kok ada yang kurang ya..jika masakan nggak pakai gula..jadi aku tambahin gula dikit ya..dan hasilnya..makin sip dan sedep dech rasanya. Jika mau otentik asli..pakai lokan ( keong sawah ) ya teman-teman..jika mau coba. Tapi karena aku nggak makan keong sawah dan susah carinya, aku pakai kerang darah aja kemaren. Rasanya enak juga. Suamiku suka banget.


Kemaren aku juga salah baca stepnya..kalau mba Ria nggak di tumis bumbunya..aku  karena nggak baca resep akhir, kira seperti masak rendang biasa..jadi aku tumis bumbunya..hihi. Setelah itu baru santan masuk dan kerang serta bumbu lain, lalu aku masak dengan api kecil hingga rendang kering. Setelah  mau nulis resep ini tadi baru nyadar aku salah stepnya..hihi. Jadi jika mau lebih sehat dan nggak pakai minyak, ikutin cara mba Ria ya teman-teman jika mau coba, berikut resepnya ya..aku copiin dari mba Ria.

Rendang Lokan / Kerang Darah ( resep Budhe mba Ria Damayanti )

Bahan :
500 gram lokan / kerang darah
Santan kental 500 ml
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk 2 lembar
Sereh 1 batang, geprek
Daun kunyit secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap jika suka ( aku pakai kaldu  ayam 1 sendok teh plus gula merah 1/2 sendok makan )

Bumbu halus :
1 genggam bawang merah
5 siung bawang putih
1 sendok teh jintan
1 sendok makan ketumbar
secuil kecil pala
2 ruas jari jahe
3 butir kemiri
1 ons cabe merah keriting

Cara Membuat  :
Campur kerang dengan bumbu halus, sisihkan
Masak santan kental dengan api kecil hingga keluar minyak
Masukkan kerang dan bumbu halus, masukkan rempah daun, dll
Masukkan garam dan penyedap jika suka, aduk dengan api kecil hingga rendang kering



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts