Laporkan Penyalahgunaan

Pepes Ikan Peda Kunci & Bobor Boros Kunci



Yey...hari libur Nasional ya teman-teman..:D. Hari ini Yodha ngajak jalan..jadinya..postingnya telat. Tapi memang, suasana di luar, di pusat-pusat perbelanjaan rame..serasa hari libur. Hari ini kurir juga pada tutup..jadi sekalian rehat libur packing barang dech. Tapi..tetep posting resepnya ya..ini hasil masakan kemaren, aku coba masak pepes Ikan Peda Kunci, kiriman mba Sisca dari Surabaya. Makasih resepnya mba..wah..beneran..ngabisin nasi..pepes pedanya..hihi. 

Nah..kata Mba Sisca ini menu andalan Nenek beliau yang di wariskan ke Ibunda beliau..dan paling enak di sajikan dengan sayur kelo kunci, atau pucuk dari daun kunci...atau Boros Kunci maksudnya mungkin ya mba. Soalnya di pasar tempatku lagi musim sayur ini. Dari dulu aku nggak ngeh mau di masak apa sayur begini. Sampai akhirnya mba Sisca kirim resep ini, jadi ingat boros kunci ini. Aku tanya Budhe sayur..biasa di masak bobor. Kemaren mba Ida juga kirim resep sayur boros kunci, tapi pakai daging, lha karena lagi nggak punya daging, maka untuk menemani pepes ikan pedanya, aku buat bobor boros kunci dulu. Ternyata unik sayurnya..aromatik banget. Tapi agak *kasap-kasap gitu sayurnya..hihi. Mungkin next time aku coba resep yang pakai campuran daging..hihi..jadi ada temennya..ndak cuma boros kunci aja. Aku suka kuah dan aromanya itu jadi seger aromatik.

Okey..kembali ke resep pepes ikan peda kiriman mba Sisca. Pepesnya unik, pakai bumbu kunci. Tapi aku salah baca resepnya kayaknya..aku bingung bumbu di iris atau di haluskan ya mba Sisca..karena aku baca di iris kasar, jadi aku iris kasar aja..hihi. Malah unik tapi..aku belum pernah bikin pepes bumbunya di iris..unik juga lho...jadi kayak sambal matah kukus..enak ! Tapi jika di haluskan mungkin lebih meresap kali ya bumbunya.

Okeh, ini dia resep kiirman mba Sisca, selamat mencoba teman-teman..jika suka.Untuk sayur bobornya..aku tanya budhe sayur bumbunya, seperti bumbu bobor biasa teman-teman, di tambah kelapa parut muda ya. Pas memang rasanya bersanding dengan pepes ikan peda bumbu kunci ini.


Pepes Ikan Peda Kunci

Bahan:
2 ikan asin peda
6 bawang merah, iris2 kasar
3 bawang putih, iris2 kasar                               
2 cabai merah besar, iris2 kasar    haluskan
2 cabai rawit (sesuai selera)
Sedikit terasi
Garam (bila perlu)
8 cm kunci, iris2 tipis, kalau kuncinya besar, kurangi
1 ikat daun kemangi
2 cabai rawit utuh

daun pisang untuk bungkus
tusuk gigi untuk menyemat



1)      Ikan peda dibersihkan.  Buang kepala dan ekornya.
2)      Campur bumbu halus dan irisan kunci, balurkan ke ikan peda. 
3)      Siapkan daun pisang, letakkan ikan peda, tambahkan daun kemangi dan 1 bh cabai rawit utuh di atasnya.  Bungkus dan semat dengan lidi.
4)      Kukus +/- 15’ atau hingga matang.



Kalau ini sayurnya...* Jangan Boros..hihi..pasti temen-temen mikir aku lagi kasih nasehat supaya nggak boros ya..bukan..! Ini nama masakan..*Jangan : sayuran berkuah. Jangan Boros : artinya sayur Boros Kunci ( pucuk daun temu kunci )


Buat yang belum tau Boros Kunci itu seperti apa..seperti ini nich teman-teman. Jika mau masak, kupas dulu bagian lapisan merahnya, lalau potong kecil-kecil Saran aku jika masak sayur ini campur bahan lain, misal daging, tahu, terong, daun singkong, dll.. jadi lebih enak, soalnya jika belum pernah makan, mungkin akan sedikit kaget rasanya..agak *kasap-kasap ( kasar di lidah ) gimana gitu. Kalau kuahnya aku suka..jadi sedep dan aromatik.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts