Laporkan Penyalahgunaan

Bala-Bala


Papa..Bala-Bala...Mama Bala-Bala..hahah..ngaco..Bolo-Bolo kali ya..lagunya Tina Toon..! Menu selingan iseng ya teman-teman..lha wong cuma Bala-Bala alias bakwan aja di posting..hihi. Tapi nich unik lho..Bala-Bala a.k.a Bakwan Sunda..ternyata sedikit beda dengan bakwan biasanya. Bedanya apa tho Mbakyu ?..Beda bentuk...haha. Gara-gara kemaren waktu mau ke pasar...belum sarapan..perut keroncongan..lihat abang penjual Gorengan ala Sunda..lagi goreng Bala-Bala ini..hemm..harumnya menggoda. Aku yang biasanya jarang beli gorengan pinggir jalan pagi-pagi, jadi tergoda. Aku lihat Abang goreng ini gerobaknya bersih, terus cara menggoreng juga bersih, pakai sendok. Terus produk yang udah matang di tata bersih juga di gerobak..dan menggoda semua penampakannya. Aku lihat ada tempe yang di goreng krispi tipis-tipis, ada ubi goreng, ada molen, tahu Sumedang, dan Bala-Bala ini. Dan semua ukuran imut..murah meriah..hihi. Aku beli campur gorengan 30 ribu dapat banyak dech..sekalian beliin tukang yang kerja di rumah. Tapi setelah aku coba di rumah, nggak seenak penampakannya rasanya..hihi. Tapi lumayanlah. Yang paling aku suka..Bala-Balanya..unik..bentuknya bulat kecil..imut..dan rasanya kriuk di luar. Penampilannya itu lho lucu banget bulet tapi ada keriting dari sayuran yang di goreng kering jadi kecoklatan. Setelah aku periksa..oh cuma kol yang di potong kecil-kecil..hihi. Jadi Bala-Bala ala abang-abang gorengan Sunda ini isinya hanya kol dan daun bawang, tapi rasanya enak. Kolnya terasa manis di adonan bakwan. 

Jadilah sorenya aku penasaran bikin Bala-Bala ini sendiri..plus di tunjang hujan rintik-rintik..maunya nyemil gorengan dech. jadi triknya agar bentuk Bala-Balanya ini bisa bulat imut keriting, adonan itu di buat kental dan di banyakin sayurnya. Kalau versi abang gorengan Sunda di tempatku ini hanya kol dan daun bawang aja. Jadi jika mau di tambah sayuran lain silahkan, tapi aku suka kol..jadi ikut ala abang-abang gorengan Sunda ini aja aku. Dan setelah jadi..tara..lebih enak dech rasanya lebih sesuai selera kalau buat sendiri. Gurih..manis kolnya..berpadu cabe rawit hjau yang pedes dalam setiap gigitan..dan..nggak terhitung dech berapa biji Bala-Bala imut yang masuk mulut..haha. *cuma 5 kok..kalau nggak salah itung..lol..! *


Untuk membuat Bala-Bala yang renyah, pakai tepung terigu protein rendah ya teman-teman, atau bisa di tambah sedikit tepung tapioka. Air jangan terlalu banyak, nggak perlu pakai telur, karena nggak bisa renyah jika pakai telur, dan banyakin sayurannya..jadi ada efek keritingnya gitu luarnya. Menggorengnya juga di minyak yang agak banyak hingga terendam ya, jadi matang sempurna hingga bagian dalam dan luarnya jadi renyah kriuk. Membuat adonan bakwan juga jangan di uleni ya teman-teman agar nggak liat ( keras ) dan sayuran berair, cukup di aduk ringan pakai sendok. Oke, buat teman-teman yang mau coba, ini dia resepnya ya :

Bala-Bala

Bahan :
150 gram tepung terigu plus 1 sendok makan tapioka
200 gram kol, iris halus memanjang
1/2 buah bawang bombay, iris halus
1 batang daun bawang dan satu batang sledri, iris halus
Air secukupnya hingga adonan kental ( jangan terlalu banyak, jadi adonan bisa di sendokin bulat-bulat )
1 sendok teh kaldu ayam atau garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh gula pasir ( seujung jari..:D )
1 siung bawang putih, haluskan

Cara Membuat :
Campur semua bahan, adonan harus kental dan masih bisa di sendokin bulat
Koreksi rasa dengan cara menggoreng sedikit adonan, sudah pas belum gurihnya
Ambil dua buah sendok, bentuk adonan bulat, masukkan ke minyak yang sudah di panaskan 
Goreng hingga matang dan kering luarnya.
Sajikan hangat dengan cabe rawit

Noted :
Sayuran boleh di tambah wortel, tapi jangan taoge. Taoge jika masuk adonan bakwan dan tidak langsung di goreng bisa berair, nanti adonan jadi lembek...nggak bisa di bentuk bulat



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts