Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membuat Siomay Tanpa Food Processor


Mimpi apa ya semalam, bangun tidur kok langsung rajin nguplek di dapur, padahal hari Minggu..hihi. Biasanya mah..leyeh-leyeh dulu sama Yodha..males-malesan di kamar atas...minta tolong suami beli gudeg aja atau bubur ayam..hihi. Yodha sekarang tidur di atas, tapi akhirnya seringnya bertiga ngungsi ke atas semua jika weekend. Oh tadi malam bertiga nonton film Goosbumps..tapi aku malah ketiduran..hihi. Bangun tidur makanya kok seger banget..ternyata dari jam 8 malam aku ketiduran..Yodha sampai marah-marah. "Katanya mau nemenin nonton..kok malah tidur sich Mi ! "..haha..katanya protes. 

Makanya pagi-pagi kok seger dan langsung semangat masak. Dari kemaren niat bikin siomay..semua bahan udah siap. Kemaren ke pasar agak siangan dapat ikan tenggiri seger agak murah..jam 10 an gitu kan biasa ikan di pasar di obral..hihi. Aku penyet masih keras tenggirinya..berarti beneran masih segar walaupun udah siang. Langsung dech..borong..murah banget cuma 24 ribu sekilo..:D. Bejo..bejo..kalau kata Yodha..haha. Yodha lagi seneng ngucapin kata *Bejo..ikut-ikutan temen..kan sekarang wajib ikut mata pelajaran Jawa juga di sekolahnya..ikut kurikulum pemerintah..walaupun sekolahnya Bilingual school. Jadinya karena nggak biasa ngomong bahasa Jawa dia lucu sekali logatnya..hihi. Bejo itu artinya beruntung..jadi kata Yodha..Maminya beruntung, karena dapat ikan tenggiri segar dengan harga murah...hahah.

Nah..resep siomay biasa sudah pernah aku posting, kali ini aku buat yang versi campur udang, biar beda. Dan juga tehnik pembuatannya tanpa alat bantu, food processor atau mixer. Jadi untuk membantu teman-teman yang belum punya alat dapur memadai agar tetap bisa membuat siomay sendiri di rumah. Jadi tetap bisa kok tanpa alat bantu, tapi harus sabar dan telaten ya.

Mengapa aku suka menghaluskan ikan tenggiri pakai mixer, jika pas food processorku rusak..? Karena dengan mixer kita bisa menghaluskan daging ikan dengan halus, tanpa air. Ingat, jika menghaluskan ikan, jangan di blender ya teman-teman, karena kalau di blender kan pakai air, nanti rasanya akan berubah. Nah..jika nggak punya food processor atau mixer, tetap bisa bikin siomay kok..caranya ?..Ya..pakai alat anugrah dari Tuhan yang Maha Esa..kedua tangan kita ini..hihi. Kuncinya..uleni  ikan hingga lembut dengan bumbu-bumbu agar siomay nggak amis. Jika kurang lembut dan halus pasta ikannya, makan akan terasa amis nanti siomaynya, masih bau ikan banget. Jika adonan ikan lembut, akan menyatu dengan campuran tepung, maka akan jadi siomay yang empuk dan lembut serta tidak amis. Penambahan labu siam kukus, juga membuat siomay tetap empuk walau dingin.

Okey..siap membuat siomay sendiri di rumah...yuk mari di coba ya resep berikut :

Siomay Ikan & Udang

Bahan :
Ikan tenggiri fillet 200 gram, cincang halus
50 gram udang kupas yang sudah di haluskan ( bisa di cincang halus atau di ulek juga bisa hingga halus )
150 gram labu siam kukus, haluskan ( untuk membuat siomay agar empuk )
125 - 150 gram tepung sagu / aku pakai  tepung bakso 
1 butir putih telur
2 siung bawang putih
1 batang daun bawang, iris halus
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 sendok teh gula pasir
1 butir putih telur
2 sendok makan air es

Cara Membuat :
Campur ikan tenggiri cincang, udang, dan semua bumbu serta bahan, kecuali tepung dan daun bawang. Uleni rata hingga jadi adonan pasta ikan yang halus dan lembut. Masukkan tepung, dan daun bawang aduk rata. Adonan nggak kalis keset ya, agak lengket dan lembut, no problem. Siapkan kulit pangsit, tahu, dan pare, isi dengan adonan siomay. Siapkan juga kentang, kol dan telur. Kukus semua hingga matang. Karena lagi malas nungguin depan kompor, aku kukus aja siomay pakai rice cooker..praktis dan cepat..kebetulan rice cooker aku bisa buat ngukus juga. Jadi bisa di sambi nginem dech..alias beres-beres karena kalau Minggu art ku libur..huhu.



Sambal Kacang :
100 gram kacang tanah goreng, haluskan dengan blender kering atau ulek halus
5 buah cabai merah, goreng
2 siung bawang putih, goreng
50 gram gula merah
1/2 sendok teh garam
1 sendok teh air asam Jawa
Haluskan semua bahan, campur dengan 500 ml air, masak sebentar hingga mengental. Koreksi rasa

Pelengkap :
Kecap secukupnya
Jeruk limau secukupnya

Sajikan siomay komplet di piring, tuangi sambal kacang, kecap dan kucuran jeruk limau, hemm..sarapan yang super yummy..! Pas dech tadi sepupu Yodha pada main ke rumah, jadi ramai-ramai sarapan siomay..Yodha jadi tambah semangat makan.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts