Laporkan Penyalahgunaan

Tips Kentang Goreng Lebih Renyah


Kemaren Yodha minta minta kentang goreng. Untung ada stock kentang beku yang aku buat beberapa hari kemaren. Jadi tingga di *defrost bentar di microwave..goreng dech. Jadi cemilan sore Yodha..kentang goreng hangat yang kriuk..renyah seperti beli di fast food. Siapa yang sering mengalami menggoreng kentangnya..jadi lemes..?..Ayukk..merapa kemari..aku kasih tipsnya ya..agar bisa membuat kentang goreng homemade, tapi bisa renyah kres luarnya..empuk dalamnya, seperti beli di fast food. Pastinya lebih murah dan sehat ya, karena minyak bisa pakai minyak yang sehat. Kalau beli kentang goreng kan mahal ya..jadi walau repot sedikit, hasilnya sama enak..ya lebih baik buat sendiri kan.

Untuk membuat kentang goreng, pilih kentang jenis mempur. Kentang kuning. Pilih ukuran yang besar agar lebih mudah mengupas dan mengirisnya. Potong-potong kentang kecil memanjang, bisa pakai pisau biasa atau pisau bergerigi. Cuci kentang dengan air garam untuk menghilangkan getahnya. Tiriskan. 

Selanjutnya, didihkan air. Masukkan kentang yang sudah di potong-potong ke dalam air mendidih. rebus sebentar hingga kentang berubah warna. Tapi jangan sampai terlalu matang atau empuk ya..cukup hingga kentang berubah warna jadi agak bening. Sekitar 3 menit saja cukup. Tiriskan kentang yang sudah di rebus. Dinginkan.

Selanjutnya, panaskan minyak. Goreng kentang yang sudah di rebus tadi, hingga matang, tapi jangan terlalu lama menggorengnya. Jangan terlalu kering juga. Cukup hingga kentang empuk, tapi nggak lembek. Angkat kentang goreng, tiriskan dan biarkan dingin. Kemas di wadah tertutup jika sudah dingin, lalu kemas di wadah tertutup.

Tahap selanjutnya..nggak bisa langsung di goreng ya...jadi musti sabar..hihi. Simpan dulu kentang yang sudah di goreng sekali tadi, di dalam freezer, min 1 malam. Baru dech..jika mau di goreng, biarkan suhu ruang dulu, lalu di goreng hingga kering atau sesuai selera, mau kriuk di luar lembut di dalam atau kriuk semua...bisa. Kalau Yodha suka kriuk di luar lembut di dalam.

Sudah dech..jadi kentang goreng buatan sendiri, mudah kan teman-teman. Jika mau, bisa di taburi garam atau bumbu tabur sesuai selera.....yummy..! Kata Yodha..:D

Oke, selamat mencoba ya teman-teman..jika suka kentang goreng.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts