Laporkan Penyalahgunaan

Sop Singkong Khas Kalimantan & Give Away Akhir Tahun


Yeay..akhirnya *move on* juga..mencoba menu-menu tradisional dari daerah lain di seluruh Indonesia..bukan hanya masakan Jowo...hihi. Alhamdulillah..beberapa waktu lalu..aku mendapat pesan di WA dari mba Gina. Beliau asli dari  Jawa..dan bersuami orang Kalimantan. Nah..Mba Gina ini dulu sebelum nikah katanya nggak pernah belajar masak, sehingga setelah menikah, belajar masaknya justru dari mertua beliau yang asli Kalimantan, dan web aku ini jika menu masakan Jawa. 

Nah..Mba Gina berbaik hati membagikan resep andalan dari mertua beliau yang di ajarkan ke mba Gina..namanya Sop Singkong. Wah..serasa mendapatkan harta karun resep baru yang berharga..karena apa..karena resep tersebut di ajarkan langsung oleh Ibu Mertua beliau. Senangnya..aku jadi bisa ikut mencicipi rasa Sop Singkong ini. Ya..walau resep-resep dari seluruh nusantara banyak ya di ulas di mana-mana..tapi aku selalu lebih tertarik untuk mencoba..resep-resep warisan dari Ibu atau Mertua..seperti ini..karena..pasti dech..resepnya punya nilai historis tersendiri..dan resep cinta..hihi..*lebay*

Iya..banyak resep dari web aku ini terutama yang masakan Jawa adalah menu hasil aku belajar dari ibuku..jadi resepnya di buat dengan hati...dan lebih ada cerita nostalgia gimana  gitu. Pokoknya beda dan lebih puas gitu masaknya..hihi. Tadi setelah mencoba resep Sop singkong dari mba Gina..wah..unik juga ya..dan rasanya enak..segar dan gurih. Ternyata..singkong cocok juga di buat jadi sop. Sambil menikmati Sop Singkong hangat yang kemepyar..karena pedas sambal cabai rawit, aku jadi kepikiran..untuk membuat event khusus di akhir tahun ini..sekalian berbagi rejeki sedikit kepada teman-teman nich..alhamdulillah di tahun ini di lancarkan semua usahaku..dan juga penghasilan dari web seperti iklan, dll..alhamdulillah lumayan. Jadi..waktunya...GIVE AWAY lagi ya.....!

Nah..kali ini tadi spontan aja..aku ngadain eventnya..sederhana saja..jadi buat teman-teman di seluruh Indonesia, yang punya menu unik..dan khas daerah teman-teman tinggal, dan menu tersebut merupakan menu andalan keluarga, bisa dari Ibu atau Mertua atau Nenek, Oma, dll..silahkan di share ke aku ya. Cukup resepnya saja yang di kirim ke aku, nanti aku yang coba memasaknya, membuat fotonya dan memposting resep yang terpilih di web aku ini. Karena aku yakin..di setiap keluarga,..pasti punya menu favorit dan andalan..yang unik dan enak..yang khas dari berbagai daerah di Indonesia...karena dari keluargalah citarasa suatu masakan favorit itu tercipta.

Nah syarat-syaratnya adalah sebagai berikut :

Resep harus unik dan belum pernah ada / di posting di web diahdidi.com, serta menu khas dari daerah teman-teman tinggal atau daerah asal teman-teman.

Resep andalan atau warisan keluarga, bisa dari Ibu, Mertua, Kakek, Nenek, dll, yang sudah sering di masak di rumah dan jadi favorit keluarga. Yang penting resep tersebut otentik resep keluarga, bukan hasil contekan misal dari majalah atau web masakan. Menu bebas, dari seluruh Indonesia ya..dari Jawa jika aku belum pernah posting, juga boleh.

Jenis resep, bebas, boleh masakan atau kue khas dari daerah teman-teman masing-masing.

Ceritakan sedikit tentang makanan tersebut, misal..kenapa jadi favorit di rumah atau asal usulnya, dll, agar bisa menjadi sumber cerita juga di postingan yang akan aku tayangkan di web ini, dengan menyebut sumber resepnya dari teman-teman tentu saja.

Resep-resep yang terpilih dan tayang di web ini, setiap hari selama satu bulan..di mulai..dari Senin besok ya...jika sudah ada resep-resep yang masuk, langsung aku eksekusi resep-resep yang menarik dan terpilih.

Teman-teman, boleh mengirimkan minimal satu resep atau beberapa juga boleh, nanti aku pilih yang paling unik untuk di coba.

Pemenangnya, bukan aku yang menentukan, tapi dari pembaca ya..jadi nanti resep yang mendapat like terbanyak di page di Fb, itulah pemenangnya dan di umumkan di setiap hari Minggunya ya.

Setiap minggu akan ada dua pemenang..nah..hadiahnya biar cepat dan simple prosesnya..uang aja ya..hihi..akan ada total hadiah dua juta rupiah, untuk 8 pemenang @ 250 ribu. jadi setiap minggu akan ada dua pemenang..dua resep dengan like terbanyak di page..akan mendapat @ 250 ribu rupiah..langsung aku transfer setiap minggu ke pemenang..nggak pakai tunggu lama-lama..hihi. 

Soalnya kemaren pengalaman..jika hadiah berupa barang kok malah repot aku kirim-kirim dan nunggu-nunggu alamat dari teman-teman. Kalau berupa uang kan praktis, bisa langsung transfer aja. Lumayan bisa buat beli  panci presto kan teman-teman..hihi.

Okey dech..aku tunggu ya..buat teman-teman yang mau ikutan event Give Away di akhir tahun ini..dari aku, silahkan kirimkan resep dan sedikit ceritanya bisa via WA ke 089654712500, atau EMAIL di bundadidi@gmail.com, atau INBOX FB : Diah Didi , INBOX PAGE : ..jangan lupa like dulu ya pagenya...buat yang belum like..:)

Semoga banyak yang ikutan ya..biar kita bisa sama-sama belajar menu-menu tradisional dari daerah lain di Indonesia, dan bisa tau..menu-menu favorit keluarga teman-teman di rumah itu seperti apa. Yuk..share..dan cintai keragaman menu Nusantara ya teman-teman.

Nah.kali ini..untuk resep perdana..resep Sop Singkong khas Kalimantan kiriman dari mba Gina. Aku tambahin sedikit bumbunya, biar makin sip rasanya..kalau dari mba Gina nggak pakai gula pasir, jadi aku tambahin sendiri.

Resep Sop Singkong
Sumber resep : Ibu Mertua mba Gina

Bahan :
1 buah singkong ukuran sedang 
600 ml air 
3 siung bawang putih goreng, geprek hingga remuk
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir 
Bahan taburan dan pelengkap  :
Bawang merah goreng scukupnya
Sledri cincang secukupnya
Ikan teri goreng secukupnya ( Tapi tadi aku kelupaan terinya..hihi..maaf ya mba Gina..tapi tanpa teri juga enak kok..sop nya ) 
Soun seduh secukupnya
Sambal rebus cabai rawit dan kecap secukupnya

Cara membuat :
Kukus singkong hingga setengah matang, agar sop nggak keruh kuahnya
Potong-potong singkong kukus sesuai selera
Didihkan air dan semua bumbu
Masukkan singkong kukus
Masak hingga singkong agak empuk, tapi jangan terlalu lembek ya singkongnya
Koreksi rasa
Sajikan sop singkong dengan bahan pelengkap dan taburan
Sajikan hangat..hemm..seger..unik dan enak..!

Note : Air bisa di ganti air kaldu ayam ya..jika mau lebih gurih. Pilih singkong yang empuk dan mempur agar lebih mudah menyerap bumbu.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts