Laporkan Penyalahgunaan

Sambal Tumpang Komplet



Selamat pagi..happy weekend teman-teman. Pagi ini harum semerbak aroma Sambal Tumpang di dapurku. Hemm..jadi semangat..semangat kerja ?..Bukan..semangat buat segera sarapan..hahah. Habisnya..aroma sambal tumpangnya begitu menggoda. Wo alah..lidahku kok ndeso tenan..boro-boro sarapan roti bakar isi mentega dan coklat kayak boss kecilku yang anteng sarapan..lah ini sarapannya sambal tumpang. Tapi beneran enak kok..sambal tumpang ini teman-teman. Buat yang lagi diet, jangan dekat-dekat..karena bakalan ngabisin nasi..hihi.

Sambal tumpang aku udah posting beberapa resep di web ini, tapi kali ini aku buat lebih spesial..lebih komplet..dan lebih merah menggoda, warna Sambal Tumpangnya. Kalau biasanya akan aku buat putih pucat aja, cabenya dikit..kalau ini beneran kayak sambal goreng, tapi versi sambal tumpang, karena bahan utamanya tempe semangit. Tempe yang over fermentasi. Buat yang baru mau mencoba sambal tumpang, pakai tempe semangit fresh buatan sendiri gini ya..jadi masih agak keras, tapi sudah ada perubahan warna agak kuning atau coklat..jangan yang udah tempe semangit lembek..ntar kaget sama aromannya..hahah. Kalau yang masih keras gini..rasanya masih enak, masih ada tekture tempenya dan aromanya nggak terlalu menyengat. Nggak perlu repot bikin tempe sendiri kok untuk buat tempe semangit. Cukup beli tempe kualitas bagus, lalu diamkan di dapur dalam suhu ruang dalam kondidi stetap terbungkus daun atau plastiknya, jangan di buka ya, 3 - 5 hari, nanti jadi semangit sendiri.


Sambal tumpang kali ini aku buat komplet, pakai krecek. Nich kebetulan masih punya krecek Solo..yang lembut juga..kayak krecek Yogya..tapi bentuknya kecil panjang. Karena stock krecek Yogyaku habis, Kemaren beberapa teman menanyakan apakah krecek Solo bisa lembut dan empuk juga jika di masak Bisa banget nich..keliatan lembut dan medok kan. Rasanya juga enak..cuma memang beda bentuk..kalau krecek Yogya besar-besar, kalau Solo, kecil-kecil panjang. Kalau aku karena suka krecek, jadi ya suka semua..hihi.

Selain krecek..aku pakai tahu juga yang udah di goreng hingga berkulit, dan pakai kacang tholo juga. Wuihh..enaknya..kacang tholo ini di buat sambal tumpang gini. jadi pengen cemal cemil gado kacang tholonya. Jadi ada banyak variasi rasa dalam sambal tumpang ini..selain bintang utamanya..tempe semangit..hihi. Okey dech..nampaknya nasiku di rice cooker sudah matang..jadi..waktunya sarapan..:D Ini dia resepnya buat yang suka sambal tumpang ya..teman-teman. Resep yang ini versi ala sambel goreng aja bumbunya..pengen coba, rasanya tetep sedep..kekuatan citarasa utama sambal tumpang ini ya tempe semangit itu..hihi. Jika mau ada versi lain resep sambal tumpang aku yang bumbu komplet , pakai kemiri dll. lihat di SINI.

Sambal Tumpang Komplet

Bahan :
1 papan (  ukuran sedang  ) tempe semangit
3 buah tahu, potong serong,  goreng hingga berkulit
50 gram kacang tholo rebus
50 gram krecek sapi
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan 
500 ml santan kental
15 buah cabai merah keriting
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
1/2 - 1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )

Cara membuat :
Rebus tempe, cabai, bawang merah, bawang putih hingga tempe empuk dalam 600 ml air
Keluarkan tempe, penyet-penyet kasar saja hingga agak remuk
Ambil cabai, bawang merah dan bawang putih, haluskan 
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan kembali ke dalam panci bekas rebusan tempe dan bumbu.
Masukkan santan, tempe   dan semua bahan serta bumbu lain
Masak hingga meresap. Koreksi rasa
Sajikan dengan nasi putih atau bubur




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts