Laporkan Penyalahgunaan

Roti Bolang Baling


Yeay..akhirnya bisa buat roti jadul..Bolang Baling sendiri. Walau banyak sich ya..yang jual di pinggir jalan banyak..tapi kadang mau beli suka ragu..soalnya buat adonan juga di pinggir jalan biasanya..jadi nggak tega dech..bertabur debu kayaknya..hihi. Dari dulu pengen bikin bolang baling yang empuk, tapi belum ketemu resep yang pas. Nah..kemaren waktu buat roti goreng versi resep terbaruku yang isi coklat..kok rasanya malah persis bolang baling. jadi aku penasaran..coba lagi tadi. Sekalian pas ada lagi tukang yang kerja di rumah..jadi bisa buat snack mereka. Dan berhasil..hasilnya persi bolang baling, rasanya. Tapi punyaku lebih empuk dan gurih..ya iyalah..bolang baling premium ini..hihi..soalnya pakai tepung kentang.

Jadi adonan bolang baling ini malah nggak terlalu kalis seperti adonan donat yang biasa. Adonannya agak memang lengket..tapi justru itu yang membuat tekture bolang balingnya jadi berongga dalamnya dan empuk ringan, nggak padat. hasilnay mengembang bagus. Pantesan bolang baling tuch murah ya..hihi. Memang rotinya bisa mengembang gede sich..dari ukuran awal.

Jika menangani adonan roti yang masih agak lembek dan lengket, jangan panik ya teman-teman. Lumuri saja tempat rata yang mau di pakai membentuknya dengan tepung terigu. Taburi adonan juga dengan tepung terigu tipis-tipis, tangan kita juga..maka lengket no problemo kok adonannya..tetep bisa di bentuk dengan cantik.

Roti  bolang baling ini..agak mudah    kecoklatan menggorengnya, makanya goreng di minyak agak banyak, di panaskan dulu hingga panas, tapi jangan pakai api besar, nanti mudah gosong. Hasil akhir roti bolang baling yang enak..itu..crunchy di luar..empuk dan berpori di dalam. Oke..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka roti jadul bolang-baling. Lumayan buat cemilan murah meriah..enak. Resep masih sama dengan roti goreng kemaren, hanya penyelesaian yang beda.



Roti Bolang Baling
Bahan :
350 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung kentang flakes, seduh dengan air panas hingga jadi adonan kentang kukus lumat, dinginkan
200 ml susu cair, hangatkan hingga suam kuku ( jangan panas ya )
2 1/2 sendok makan margarin
50 gram gula pasir
1 butir telur
1 1/2 sendok teh ragi instan
1 sendok teh garam
Bahan Taburan : Wijen putih secukupnya
Cara Membuat :
Campur tepung terigu, gula dan ragi dan kentang lumat
Masukkan telur dan susu cair sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga lembut ( agak lengket nggak apa-apa)
Masukkan margarin dan garam, uleni kembali adonan hingga lembut dan elastis
Adonan akhir nggak kalis banget, agak lengket.
Tutup adonan dengan plastik, diamkan di tempat hangat hingga mengembang 2 kali lipat sekitar 30 - 40 menit ( tergantung cuaca )
Jika sudah mengembang, kempiskan adonan agar udara di adonan keluar. Letakkan adonan di tempat rata yang sudah di lumuri tepung terigu agar tidak lengket.
Taburi atasnya dengan sedikit tepung terigu agar tidak lengket ketika di gilas.
Gilas adonan hingga rata dengan ketebalan 2 cm.
Potong-potong bentuk kotak sesuai selera ukurannya. Olesi atasnya dengan air, taburi wijen secukupnya
Diamkan 10 menit untuk fermentasi kedua
Panaskan minyak padat, goreng adonan roti di minyak padat hingga matang.
Sajikan waktu hangat.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts