Laporkan Penyalahgunaan

Lodeh Jantung Pisang


Pagi tadi..di tengah keramaian pasar, Aku susuri sudut-sudut pasar Jati dengan bergegas..Aku langkahkan kaki menuju kios di ujung tangga..menuju tempat mbah ( nenek ) penjual sayur langgananku. Hahah..prolognya kok kayak cerpen. Jadi ceritanya..kalau ke pasar tuch aku punya langganan tukang penjual sayur si Mbah gitu teman-teman..yang jual aneka sayur apa aja yang lagi musim..jadi pasti ketemu sayur aneh-aneh yang langka. Salah satunya..jantung pisang ini..karena nggak tiap hari ada di pasar ya..jadi jika ketemu sesekali itu serasa nemu harta karun..sayuran langka di pasar..hihi. Langsung dech aku beli...dan sudah kebayang lodeh jantung pisang pakai tempe semangit yang enak banget.


Dan akhirnya sore ini..sayur jantung pisang siap di santap. Nggak sabar nyicip..sedikit..cuma dikit kok..beneran..cuma satu piring kecil..sayur aja..plus nyemil tempe garit goreng dan ikan asin layur goreng..tapi nambah lagi..hihi. Enake rek..sambil nunggu Yodha pulang sekolah kok ngemilnya sayur jantung pisang. Gak elit bener ya..harusnya tuch *afternoon tea sambil ngemil cheese cake..lha ini..ngemilnya lodeh jantung pisang..hahah. Yodha pulang..tanya. "Mami makan apa sich kok sepertinya enak ?.."Sayur bunga pisang kak..mau coba ?"..Terus Yodha berlalu bilang..."Nggak mau..sayur aneh..! "katanya..hahah. Mana mau dia makan sayur ndeso begini. Yo wis nanti Mami buatin ayam krispi aja ya Le..! 

Mungkin kami anak-anak jaman dulu yang pernah ngalamin jaman kecil kayak aku yang ndak ada pilihan lauk selain yang di masak ibu, ya jadi malah pemakan segala, punya kenangan aneka masakan yang unik dan bahan-bahan apa aja yang ada di kebun. Kalau dulu tinggal petik, sekarang mau makan jantung pisang ya musti beli...hihi. Tapi..karena lama nggak makan sayur ini, tadi kok ya terasa enak banget ya. Jantung pisang ini juga manfaat juga lho teman-teman untuk tubuh kita, buat ibu menyusui, khasiatnya setara daun katuk. Jadi..jangan ragu masak sayur ini ya. Bisa di olah jadi aneka macam kok, bisa di lodeh seperti yang aku masak kali ini, di tumis, di bothok, di pepes, dll.

Nah kali ini aku mau share menu simple aja..favoritku...ya di lodeh..seger dan enak. Selamat mencoba..:D
Lodeh Jantung Pisang

Bahan :
1 buah jantung pisang
50 gram tempe semangit
1 sendok makan rebon
5 buah mata petai, belah dua
700 ml santan sedang
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah
1/2 sendok teh kaldu sapi
Garam sesuai selera
8 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
8 buah cabai merah keriting, haluskan

Cara membuat :
Kupas 2 atau 3 lembar bagian luar jantung pisang yang berwarna merah tua. Sisakan bagian dalam yang berwarna putih atau pink. Belah dua, rebus di air mendidih yang di beri sedikit garam sekitar 10 menit hingga matang. Potong-potong sesuai selera.
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang,
Masukkan cabai halus, aduk rata hingga matang
Masukkan santan dan bumbu lain
Biarkan hampir mendidih
Masukkan jantung pisang yang sudah di rebus
Masak hingga bumbu meresap dan kuah agak menyusut
Koreksi rasa.
Sajikan.







Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts