Laporkan Penyalahgunaan

Tumis Soun Ala Jap Chae, Korean Stir-fried Glass Noodles


Minggu kemaren aku nonton drama korea..Kill Me..Heal Me. Akhirnya bisa mewek lagi nonton satu drama Korea yang sangat mengharukan..hihi. Setelah beberapa kali menonton drama terbaru, ya..seru aja atau lucu, tapi kalau yang ini ..beneran..bagus banget..aku paling suka ini drama keluaran 2015 ini. ceritanya simple tapi bagus, dan mengharu biru..tapi juga banyak adegan kocak dan lucunya. Pokoknya buat penggemar drama Korea ini wajib di tonton.

Ceritanya tentang seorang generasi ketiga dari Chaebol Korea Cha Do Hyun yang mengidap penyakit kepribadian ganda, sehingga mempunyai 7 kepribadian yang berbeda karena taruma masa kecil dia melihat penyiksaan seorang anak lain di rumahnya. Karena merasa bersalah tidak bisa menyelamatkan anak tersebut dalam suatu kebakaran di rumahnya, dan peristiwa traumatis lain di masa kecilnya, maka dia mengidap penyakit aneh ini dan lupa apa yang terjadi di masa lalu. Jadi kepribadiannya bisa berubah-ubah setiap saat, kadang menjadi orang yang baik hati, dan lemah..kadang jadi cowok yang cool dan pemberani serta nggak kenal takut apapun..jadi agak berandalan gitu..kadang juga muncul kepribadian lain sebagai anak kutu buku yang selalu ingin bunuh diri..dan ada satu kepribadian kocak yang selalu bikin aku ketawa, jadi anak SMA tapi cewek..hahah...dan kepribadian lain. 

Nah..pada waktu proses penyembuhan ini yang seru ceritanya, karena masing-masing kepribadian malah bertentangan dan berebut ingin hidup sebagai Cha Do Hyun selamanya. Cha Lucu banget dech pokoknya. Tapi setiap adegan penuh makna sampai nggak mau beranjak dari depan tivi kalau udah nonton ini. Aku paling suka malah kepribadian Cha Do Hyun yang gokil dan berandalan..tapi pemberani...suka berantem dan nggak pernah takut apapun, beda sama Cha Do Hyun asli yang penakut dan terlalu baik hati. Sama satu lagi kepribadian yang dia jadi anak sekolah SMA tapi cewek..haha..lucu banget sampai ketawa-ketawa sendiri aku. Keren dech acting *Ji sung pokoknya. Dan yang aku suka..pemainnya matang semua..haha..Ji Sung pemainnya utamanya seumuran sama aku..tapi tetap coll dan keren abis..:D 
Jadi nggak rugi  nonton sambil nangis, karena nggak nangisin abg yang main..kayak drama-drama di kita ya teman-teman..hihi. Walaupun kemaren aku cepetin..juga..tapi begitu tau ending happy ending..yang tengah-tengah ketinggalan aku tonton lagi..hihi.

Jadi intinya dalam drama ini adalah proses penyembuhan dari penyakit ini, yaitu menghilangkan kepribadian dari Cha Do Hyun yang merugikan, yang di bantu oleh seorang dokter jiwa cantik, tapi galak..haha..dan ajaibnya..akhirnya terkuak fakta bahwa dokter ini adalah anak di masa lalunya yang dulu mengalami penyiksaan di rumahnya. Cha Do Hyun dengan kepribadian yang berandalan,...jatuh cinta sama dokter ini, jadinya seru banget ceritanya. Yach..biasa akan..selalu banyak kebetulan yang unik di drama Korea..tapi tetap seru dan sangat menghibur drama ini..dan bisa bikin nangis..huhu.

Nah..karena lagi seneng ketemu drama Korea bagus, jadi pengen masak masakan Korea nich. Aku akhirnya masak, salah satu menu yang sering muncul juga di drama Korea..yaitu Jap Chae..yaitu tumisan mie kaca atau mie pati kentang sepertinya aslinya kalau di Korea. Nah yang jadi masalah kan nggak ada potato starch noodles ya di Indonesia..adanya soun..ya udah aku buat pakai soun aja..hihi. Jadi aku buat tumis soun ala Korea aja ya. Nah..kalau aslinya agak ribet buatnya pakai beberapa proses, jadi aku persingkat aja seperti membuat tumisan biasa..jadi lebih cepat dan nggak ribet. Hasilnya..yang sperti tumisan soun..hihi..enak. Satu hal yang aku nggak pakai adalah wijen..karena aku nggak punya wijen putih untuk taburan. Oh ya..selain sayuran , bisa di tambah jamur dan juga telur dadar yang di iris tipis-tipis panjang. 

Hem...ternyata nggak susah buatnya..dan mirip sama tumis soun kita ya teman-teman..hihi. Walaupun namnya Jap Chae..tapi beda..dengan cap cay kita..yang lebih banyak sayurnya. Tapi..so far..okey aja buat variasi menu sehari-hari di rumah ya teman-teman. Kalau di Korea menu ini jadi menu pesta di acara ulang tahun gitu, karena mie melambangkan panjang umur. Tapi kalau ngikut resep aslinya, tak kira kok terlalu manis, jadi aku sesuaikan seleraku dech bumbunya..hihi.  Aku pernah lihat di master Chef Korea, cara membuat Jap Chae ini juga bisa banyak variasi kok. Okey..yang suka drama Korea..jangan lupa nonton Kill Me Heal Me..keren abis..sambil makan Jap Chae ini ya..:D

Tumis Soun Ala Jap Chae

Bahan :
200 gram soun besar, rebus hingga mengembang ( aslinya pakai potato starch noodles )
100 gram daging has dalam, iris tipis dan rendam dengan 1 sendok teh saus tiram dan sedikit merica
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
2 buah bawang putih, geprek
2 buah cabai merah besar ( iris serong ), aslinya paprika
50 gram bayam rebus
1 buah wortel, potong korek api, seduh atau rebus sebentar
1 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam sesuai selera
1/2 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir 
2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok makan minyak wijen
50 ml air 

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan sedikit minyak, masukkan daging, aduk arata hingga daging berubah warna. Masukkan soun dan semua bumbu lain.
Aduk rata. Masukkan bayam dan wortel, aduk rata
Koreksi rasa dan masak sebentar saja hingga meresap
Sajikan hangat



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts