Laporkan Penyalahgunaan

Perkedel Kentang Crunchy



Oh..no..this is good..really good..! Sampai satu sesi gorengan aku cemal cemil sendiri..maafkan aku *badanku..kapan dietnya kalau begini..hahah. Rasanya itu..gurih..hangat..crunchy di luar..lembut di dalam.
O alah..bikin apa tho Buk hari ini kok heboh dan lebay banget testimoninya ?..hihi. Cuma bikin perkedel sich..tapi suer ini enak banget...beda sama perkedel biasa. Aku berkreasi menu ini sich gara-gara ada temen yang tanya perkedel di Soto mana gitu di Semarang bawah yang katanya..itu crunchy di luar..lembut di dalam. Hemm..jadi penasaran..kayak apa ya. Akhirnya aku ingat perkedel di warung soto   langgananku juga yang perkedelnya agak beda..bentuknya nggak beraturan dan memang jika masih hangat itu luarnya renyah. Jadi hanya luarnya lho ya..ketika masih hangat baru selesai di goreng itu terasa kres..enak banget. Tapi dalamnya lembut dan masih terasa banget kentangnya. Jadinya..enak..pakai banget..di gado sama cabe rawit aja super enak.


Apalagi aku buatnya pakai tepung kentang flakes yang memang sangat lembut jika di buat perkedel..plus praktis nggak ribet tinggal seduh air panas. Kayaknya di warung soto langgananku itu juga pakai kentang seduh sich perkedelnya. Karena dulu iseng aku pernah nawarin tepung kentang flakes aku, kata yang punya dia udah pakai merk lain yang impor itu..jadi nggak mau coba punyaku. Padahal..aku kan sering beli soto ke warungnya..rasanya..sama aja sich..sama tepung kentang yang aku jual..malah punyaku lebih fresh, karena dari umkm..produksi lokal sini..jadi nggak pakai pengawet dll..totally fresh aja dari kentang.

Jadi..akhirnya bisa menciptakan resep perkedel kentang crunchy luarnya dan lembut di dalam. Rahasianya adalah di beri sedikit campuran tapioka..jadi perkedel nggak mudah hancur juga, walau luarnya nggak di balut telur. Jadi lebih menguntungkan bukan..jika untuk usaha,..misal warung soto ini...jadi lebih hemat bahan dan lebih praktis. Buat teman-teman di rumah sekarang juga bisa buat perkedel dalam sekejab, jika pakai tepung kentang seduh ini. Buat teman-teman yang mau order Tepung Kentang flakes..ready nich..sms atau wa aja ke 089654712500...ayuk buruan..hihi. Bisa buat snack macam-macam juga lho..misal untuk kroket, bitterballen, donat..kentang panggang..roti..kue lumpur, dll..pokoknya serba guna dech tepung kentang flakes ini.

Okeh dech..buat teman-teman yang masih punya stock tepung kentang di rumah..cobain dech..beneran..enak banget..:D

Perkedel Kentang Crunchy

Bahan :
100 gram tepung kentang flakes, seduh dengan 150 an ml air panas / secukupnya hingga jadi adonan kentang kukus yang lembut
1  butir telur
2 sendok makan tepung tapioka / kanji
1 siung bawang putih, haluskan
1 sendok makan bawang merah goreng
1 sendok teh sledri cincang
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata
Ambil sedikit adonan, goreng.
Cicipin rasanya. 
Jika sudah sipp gurihnya sesuai selera, sendokkan ke minyak panas dan goreng hingga matang. 

Note :
Adonan agak lengket, jadi nggak perlu di bentuk, cukup di sendokkan saja. Bentuk nggak perlu rapi..nggak beraturan malah lucu dan imut..hihi.
Mudah kan...perkedel kentang yang crunchy luarnya..siap buat teman soto..sop, dll..atau di cemil aja udah enak banget pas masih anget gitu makannya, sambil nyeplus cabai rawit..duch di jamin..3 biji..lewat langsung sekali hap..:D





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts