Laporkan Penyalahgunaan

Kare Kepiting



Akhirnya *emak super* ko juga..kemaren beneran sakit punggung dech kayaknya salah gerak pas ngangkat barang,..jadi kayak kesleo dan jika di gerakkan sakit banget. Udah gitu di paksain ngerjain kerjaan seharian, malam kok jadi sakit beneran dech badan..hihi. Untungnya tadi malam, di pakai istirahat dan di urut jadi udah lumayan sekarang. Jadi bisa masak lagi. Kalau udah komitmen menerima banyak kerjaan, ngurusi order harian, kadang nggak mikirin sakit, yang penting selesai. Yapp..itulah suka dukanya punya usaha sendiri teman-teman..jadi di nikmati aja kalau aku.  

Nah sekarang mau masak lagi ahh...kali ini masak yang spesial..hihi. Kepiting. Gimana nggak spesial..lha wong kepiting lagi langka, satu ekor 35 ribu..hihi. Tapi nggak apa-apa, Yodha sudah suka kepiting soalnya, jadi nggak masalah, walaupun mahal yang penting   dia suka. Biasanya olahan kepiting favorit kami, adalah asam manis atau saus lada hitam. Tapi biar nggak bosan, aku masak kepiting kare aja, jadi berkuah gitu. Jadi beda dan enak.

Tips untuk memasak kare kepiting ini, agar kepiting nggak terlalu lama di masaknya, didihkan dahulu kuah kare hingga bumbu meresap, baru masukkan kepiting, dan masak hingga agak mengental kuahnya. jadi rasa kepitingnya tetap manis fresh. Kalau terlalu lama di masak, nanti malah akan kehilangan citarasa manis alaminya. Untuk kare kepiting ini, jika suka pedas, takaran cabai boleh di tambah, tapi karena aku masakin Yodha, jadi nggak telalu pedas.

Okey, buat yang suka kepiting, selamat mencoba, jika teman-teman suka kepiting ya :)

Kare Kepiting

Bahan :
2 ekor kepiting ukuran besar, bersihkan, celup ke air mendidih, belah jadi 4 bagian
600 ml santan sedang
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 batang serai
1/2 sendok makan gula merah
1/2 sendok teh garam ( secukupnya )

Bumbu halus :
5 buah cabai merah 
8 buah bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri sangrai
1 cm jahe
1 cm kunyit bakar

cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan santan dan semua bumbu lain.
Didihkan dan biarkan bumbu meresap, koreksi rasa
Jika bumbu sudah pas sesuai selera, masukkan kepiting, lalu masak sebentar hingga kuah meresap ke dalam daging kepiting.
Sajikan hangat.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts