Laporkan Penyalahgunaan

Tips & Step By Step Membuat Leker Dengan Wajan Kewalik


Yeay...alhamdulillah..dapur baruku sudah hampir jadi..di lantai atas. Lho..dapur kok di lantai atas..iya..soalnya dapur ini nantinya jadi studio miniku khusus untuk motret makanan dan juga untuk pemotretan foto masakan yang step by step..biar lebih enak gitu di lihat di kamera..hihi. Jadi dapur clean aja..simple..minimalis..tapi sok-sokan pengen sedikit vintage. Nanti jika udah siap semua pernak perniknya ku fotoin ya..dapur ku teman-teman..siapa tahu bisa jadi ide menata dapur yang minimalis tapi tetep enak di lihat dengan budget minimalis juga ala Mak Irit..hihi.

Nah..karena dapur studio mini udah jadi..jadi pede dech..membuat foto resep step by step..rencananya sich mau buat video masak..tapi ki..ndak ada ada yang nyuting...hihi..piye jal ?..Masak ya Yodha di suruh jadi kemeraboy..hahah. Jadi sementara foto step by step dulu. Untung dech mba Elmi yang baik mau bantu-bantu aku masak dan aku foto kemaren..jadi step by stepnya beneran komplit sekarang..nggak kayak biasanya..yang tangan kiri pegang peralatan dapur..tangan kanan pegang kamera..haha. 

Untuk menjawab pertanyaan dari beberapa teman yang membuat leker dengan wajan kewalik tapi hasilnya belum maksimal..ini aku buat step by stepnya ya..bisa oke banget kok hasilnya..gak kalah sama leker pakai wajan muter yang biasa di jajakan di mall-mall..hihi. Yuk...jangan ragu untuk membuat leker atau crepes sendiri di rumah ya teman-teman..mudah..dan pastinya..lebih enak dan ekonomis. Lha..hasilnya banyak kok..kalau adonan di buat   encer..hihi. Dan jangan lupa..pakainya tepung leker / crepes yang aku jual ya. Sudah terbukti enaknya..banyak yang cocok..bahkan aku udah punya langganan tetap lho..yang order rutin dalam jumlah banyak tiap bulan..karena sukses usaha kue leker dengan tepung leker yang aku jual ini. Alhamdulillah..seneng rasanya..jika tepung leker ini berguna untuk membuka lapangan kerja baru juga. Jadi siapa mau jualan leker..atau mau buat snack dan bekal anak-anak..cobain tepung leker ku ya..hihi.


Oke..dech untuk membuat tepung leker ini..memang aku sarankan pakai wajan kewalik..tapi..jika mau pakai teflon biasa asal  bisa tehnik menuangnya tipis-tipis..bisa juga kok kering dan renyah. Mba Hesti...dulu pernah mencoba beli tepung leker dariku dan membuatnya pakai wajan teflon biasa..hasilnya juga bisa cantik..silahkan lihat di blog beliau ya..di Hesti Kitchen.

Nah..kalau sekarang aku mau kasih tips membuat leker dengan wajan kewalik.

Siapkan bahan-bahan dulu ya. Tepung leker, gula, dll..udah ada keterangan di kemasan. Telur cukup 1/2 butir kok, jadi ini cuma hiasan telur 3 bijinya..hihi.


Siapkan toping atau isian sesuai selera..mau meises..keju..kacang, pisang, mau gurih juga bisa..isi sosis, telur..daging asap, dll..sesuai selera.


Cara membuat adonan juga mudah..nggak perlu mixer..cukup di blender aja bisa. Dengan di blender nich adonan jadi halus dan rata..tapi nggak ngembang. Jika di mixer, takutnya adonan malah ngembang..dan gak bisa kriuk lekernya.

 




Dah ..jadi adonannya..encer..dan halus ya tean-teman. Jika pakai wajan kewalik..takaran air lebih banyak di banding di resep yang tertulis di kemasan tepung ya. Karena perlu adonan yang encer agar cepat renyah..dan hasilnya lebih banyak..haha. Jika pakai wajan muter dari besi untuk usaha..pakai takaran air..sesuai di kemasan tepungnya ya. Jika terlalu encer nanti bisa pecah lekernya..waktu si wajan muter-muter..hihi. Saring jika perlu dan takut ada adonan yang bergerindil.



Nah..sekarang..panaskan dulu ya..wajan kewaliknya. Panas harus cukup atau sedang saja..jangan kurang dan jangan kepanasan. Jika panas kurang..ketika di celup..adonan kurang bisa tebal menempelnya..jika terlalu panas, adonan bisa berlubang-lubang besar karena langsung matang..jadi yang sedang-sedang saja..hihi.


Wajan yang udah panas tadi..tinggal di celup dech ke adonan yang sudah siap. Karena wadah yang udah ada jika beli wajan kewalik ini sudah pas ukurannya..jadi ya..gak masalah mencelupnya ya mudah banget.


Nich dia..kalau panas wajan pas..hasil celupannya bagus dan rata gini teman-teman.....dan mulus halus..nggak berlubang2 besar.


Udah, tinggal di panggang dengan api kecil ya..agar bisa renyah dan matang sempurna lekernya serta nggak gosong. Jika pinggirannya udah agak garing..angkat daerah pinggiran dengan spatula..melingkar...jadi nggak kena panas wajan lagi bagian pinggirannya..sambil menunggu bagian tengah hampir kering.


 Jika sudah hampir kering seperti ini, taburi dengan bahan isian sesuai selera.
 



Lalu lipat perlahan dech. Mudah bukan...! ^^


Nich hasilnya..leker cantik dan mulus..nggak kalah sama leker buatan mall atau outlet leker terkenal kan teman-teman..yang di buat pakai wajan besi muter-muter..hihi. Jadi..yang punya wajan kewalik di rumah..yukk di coba ya..dan jangan cepat menyerah..jika coba pertama hasilnya belum maksimal...semangat berlatih terus ya...coba perhatikan kesalahan prosesnya..mungkin api kebesaran...atau kurang panas wajannya..dll. Nich sudah ku buktikan dengan foto-foto step by step..hasil leker dengan tepung leker yang ku jual nich bisa halus..mulus dan kriuk. palagi jika isinya meises sama keju aja..tanpa pisang..awet kriuk lho. Kemaren aku buat siang sama mba elmi..sebagian ku simpan untuk uji coba keawetan kriuknya. Kalau    di simpan di plastik tertutup..dan alhamdulillah tadi pagi aku cek masih kriuk..dan bisa jadi bekal Yodha dech..senengnya dia. Moga-moga lekernya jadi nge hit juga di sekolah ya Mi..katanya..haha. Udah bosan singkong Kak ?..^^

Buat teman-teman yang pengen punya wajan kewalik..banyak ya di jual..di online..misal..Lazada..dll. Kalau aku dulu jual..tapi stock habis. Jika mau sich bisa pesan tapi musti po dulu ya..ramai-ramai gitu sekalian banyak yang order..bisa aku orderkan lagi..tapi kalau cuma satu dua yang pesan..repot..belinya jauh..soalnya..hihi.







Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts