Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membuat Martabak Mini


Hari ini...Kak Yodha di sekolah ada acara perlombaan 17 Agustusan. Eh..tadi malam..sebelum tidur baru bilang.." Mi..besok itu ada tugas dari Miss, setiap anak harus bawa snack agak banyak untuk sharing sama teman-teman..dalam rangka 17 an..! " kata Yodha. Waduch..kok bilangnya telat sich Kak..lha Mami belum belanja bahan-bahan padahal. Mau buat brownies atau cake..nggak ada coklat blok..telur juga menipis..hihi. Mau minta tolong suami..kok nggak tega karena kecapekan..udah tidur. Ya udah...akhirnya putar otak..mau buat apa pagi-pagi yang simple dan cepat dengan bahan minimalis.

Akhirnya ingat dech..masih ada tepung martabak yang aku buka beberapa hari lalu. Akhirnya tadi pagi..bikin martabak mini aja buat snack sharing di sekolah Yodha. Kan cuma butuh 1 telur..untuk 500 gram tepung..alhamdulillah masih ada sebiji telur di dapur..hihi. Membuat martabaknya juga cepat..nggak perlu ribet. Nggak ada 1/2 jam tadi pagi aku buat..udah siap..martabak mini anget..di bawa Yodha ke sekolah. Pas aku tanya pulangnya..kata Yodha.." Wah martabak mini ku nge hit juga Mi ! "..habis semua..katanya. Alhamdulillah. " Tapi aku nggak kebagian Mi ! "..kata Yodha lagi..hihi. Kan snack sharing di taruh di meja besar gitu katanya, jadi di makan ramai-ramai waktu ada acara perlombaan. Nah pas Yodha lagi ikut lomba-lomba..begitu kembali mau ambil snack..udah habis katanya martabak mininya..hihi. Nggak apa-apa Kak..berarti teman-teman pada suka martabaknya kan. Yodha..senyum-senyum.."Iya..bekal yang ku bawa kok selalu nge hit ya..!" katanya..haha.

Akhirnya pulang sekolah tadi Yodha ngajakin buat martabak lagi. Aku  suruh aja dia buat sendiri..kan mudah..kataku. Yodha mau..dan memang mudah saja sich buat martabak pakai tepung mix martabak manis yang aku jual..hanya butuh telur dan air, di aduk..hingga rata dengan mixer sebentar..siap dech adonannya. Yodha aja bisa menyiapkan  adonannya nich. Dan alhamdulillah hasilnya ya selalu berlubang empuk seperti foto-foto berikut nich teman-teman. Dan alhamdulillah banyak yang beli tepung martabak yang aku jual juga cocok dan suka hasilnya. Jadi jika ada yang belum berhasil..coba perhatikan tip-tip berikut ya..dalam pembuatan martabak pakai tepung martabak manis yang aku jual ini.

Tepung martabak manis yang aku jual..nggak pakai pengawet atau tambahan bahan yang aneh-aneh..hanya mix tepung, gula..susu bubuk, vanila..dan garam, Soda kue pun di buat terpisah..agar jika ada yang nggak suka soda kue..bisa di ganti ragi instan. Soda kue membuat adonan martabak berlubang-lubang dan mengembang ketika di panggang..aku sarankan pemakaian minimal aja..1/2 sendok teh per 250 gram tepung. Tapi jika mau hasil yang agak kenyal seperti di abang-abang martabak pinggir jalan ya boleh di tambah takaran soda kuenya jadi 1 sendok teh.

Adonan di mixer hingga benar-benar rata dan muncul gelembung-gelembung kecil, dan diamkan 10 menit hingga adonan berlubang-lubang..kecil..tandanya donan sudah mengembang dan siap panggang. Jangan lupa..panaskan terlebih dahulu ya..alat panggangnya. Kalau mau cantik pakai cetakan kue lumpur yang agar dalam. Tapi karena aku suka praktis dan nggak lengket, aku lebih suka pakai snack maker double pan..lebih cepat matang dan nggak lengket-lengket di cetakan..walau hasil martabak jadi ceper..nggak secantik kalau pakai kue lumpur yang lubangnya dalam..hihi.

Alat panggang harus benar-benar di panaskan terlebih dahulu agar adonan martabak berlubang-lubang, Biarkan berlubang dulu ya..baru di tutup dan di masak hingga matang. Kalau Yodha sukanya hingga pinggiran kecoklatan dan jadi kriuk. Udah..beres..tinggal olesi margarin..susu kental manis..dan kasih toping sesuai selera..bisa meises, keju, kacang, dll. Siap di hidangkan. Jika mau di jual..martabak manis imut ini bisa di kemas denga mika kecil satuan..jadi lebih menarik ya teman-teman.

Kalau ini martabak Yodha..rada belepotan dech menghiasnya...hihi. Nggak apa-apa yang penting enak..dan asli karya Yodha sendiri hiasan martabaknya..tuch heboh..marut keju aja serius banget..hihi. Liat gaya Yodha di dapur dech..heboh bingits..^^




 

  
  



Oh iya..buat variasi..martabak mini bisa di beri pewarna hijau atau pasta pandan lho..jadi cantik kan teman-teman. Oke..selamat mencoba. Semoga bermanfaat ya tipsnya...dan jika mau pesan tepung martabak juga boleh lho..hihi..*pesan sponsor...sms aja ya...ke 089654712500 *











Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts