Laporkan Penyalahgunaan

Menu Masakan Korea Otentik Di Restoran Seoul Palace Semarang




Malam Minggu kemaren, karena lagi nggak ada acara di luar, kegiatan yang aku sukai untuk bersantai adalah nonton drama Korea. Selain untuk hiburan dan refreshing,  dengan menonton drama Korea, aku juga bisa  banyak belajar tentang kulinernya. Sejak sering nonton drama Korea, aku jadi suka mempelajari tentang masakan Korea, baik dari berbagai food blogger Korea yang terkenal ataupun dari tayangan tivi Korea, seperti Chanel M,...yang sering ada tayangan Master Chef Korea, atau tayangan acara memasak lain. Banyak ilmu yang aku dapat, tapi..kalau mau praktek yang masakan Korea, terkendala sama bahan-bahan dan bumbu yang susah di dapat di sini. Akhirnya, kalau membuat masakan Korea, ya hanya bisa membuat menu yang bahan-bahannya mudah di dapat. Nah..kemaren waktu lihat drama Korea, duch..kok jadi kepengen makan menu masakan Korea yang ada di drama itu..hihi..yaitu Bul Gal Bi dan Bi Bim Bab

Karena nggak bisa memasak sendiri karena tidak ada bumbu-bumbu khas Korea, otomatis harus mencoba makan di restoran Korea yang otentik agar bisa merasakan langsung citarasa masakan tersebut. Hemm..akhrinya mikir, di Semarang kan ada beberapa restoran Korea, yang mana yang otentik ya. Untung aku punya aplikasi OpenSnap di  Axus Yodha, aplikasi panduan pencarian tempat makan, restoran dan fine dining resto yang bisa jadi panduan, ketika kita bingung memilih restoran terbaik di kota tempat kita tinggal. 

Akhirnya buka OpenSnap sebentar, cari wilayah Semarang, terus ketik  Restoran Korea di Semarang , ketemu beberapa dech. Aku lihat beberapa foto yang di unggah oleh foodies, ada beberapa foto dan nama menu yang ku cari yaitu Bul Gal Bi, yang ada di restoran Seoul Palace. Yes...ketemu dech restoran yang aku cari..melalui OpenSnap.

Aku lanjut pencarian, dengan mengetik Restoran Seoul Palace..dan tara...ada foto-foto yang di unggah di OpenSnap dari restoran Seoul Palace muncul dech beberapa. dan
Wah..aku lihat, ada beberapa foto restoran Seoul Palace ini, yaitu menu yang ingin aku coba. Dari baca-baca reviewnya, positif semua. Restoran Seoul Palace ini adalah salah satu restoran Korea yang paling tua di Semarang, sudah berumur 28 tahun, wah pastinya menu-menunya otentik dong ya. Yapp..akhirnya satu tujuan pasti untuk mencicipi menu masakan Korea yang otentik sudah ketemu..yaitu restoran Seoul Palace, yang di rekomendasikan oleh foodies pengguna aplikasi OpenSnap, yang sangat membantu pencarianku.

Akhirnya, Minggu siang kami meluncur ke Seoul Palace, begitu masuk ke dalam restoran, suasana khas Korea sangat khas, dengan aneka hiasan dan pernak pernik khas Korea. Di dinding juga kita bisa melihat foto beberap penari Korea, serta gentong-gentong berisi bumbu fermentasi, yang sering aku lihat di beberapa drama Korea yang bertema kuliner.




Beruntunglah   kami kemaren, karena bisa bertemu dengan Ibu Benita, owner dari restoran Seoul Palace, yang sangat baik dan ramah, memberikan rekomendasi kepada kami, menu-menu otentik masakan Korea yang wajib di coba dari restoran Seoul Palace ini. Senangnya hatiku..karena memang, menikmati masakan Korea kemaren menjadi bertambah sensasinya sambil mendengar penjelasan dari Ibu Benita tentang sejarah dan proses pembuatan menu-menu tersebut. Restoran Seoul Palace sendiri sudah  berdiri sejak tahun 1988, beberapa tahun pertama buka, Ibu Benita juga mendatangkan chef khusus dari Korea, jadi sudah pasti citarasa masakan di restoran ini otentik Korea. Selain itu, bumbu-bumbu dasar semua masakan di restauran Seoul Palace, dan juga beberapa peralatan saji yang khas dan unik, seperti mangkuk batu atau panggangan batu, semua di datangkan langsung dari Korea juga. Wah..jadi beneran dech..pas banget aku memilih Seoul Palace ini untuk mencoba aneka hidangan otentik khas Korea, sebelum kesampaian icip-icip langsung di Korea..hihi..semoga bisa..suatu saat nanti ke sana..nabung dulu..:D

Nah..ini dia beberapa menu otentik Korea dari restoran Seoul Palace yang kami coba Minggu kemaren, semuanya enak, pas di lidah kami. Suka..dan rekomended banget menu-menu masakan Korea di restoran Seoul Palace ini. 

Bok Kum Bab


Menu yang pertama adalah menu pilihan Yodha..makan di restoran manapun..sudah pasti yang di pesan adalah nasi goreng..hihi. Jadilah kemaren Yodha memesan nasi goreng ala Korea, Bok Kum Bab, yang merupakan nasi goreng dengan aneka sayuran dan seafood. Yodha lahap sekali makannya, sampai hampir habis, padahal porsi besar, yang biasanya untuk sharing..hihi. Aku cicip sedikit, memang enak dan gurih rasanya. Menu nasi goreng Korea ini, bisa kita nikmati dengan harga 38.500.

Bul Gal Bi

 
Menu Bul Gal Bi, adalah menu Iga panggang khas Korea, yang sering muncul dalam scene acara makan-makan di banyak drama Korea, biasanya di Korea, makan daging iga panggang ini bersama teman-teman di restoran atau memasak sendiri di rumah dan di nikmati bersama keluarga.  Di restoran Seoul Palace, menu Bul Gal Bi ini juga jadi menu andalan yang banyak di minati pengunjung. Menu ini di masak langsung di meja, jadi kita bisa menikmati Bul Gal Bi hangat langsung tersaji dari meja, serta bisa memanggang sendiri. Di restoran Seoul Palace ini, iga  yang di gunakan adalah iga khusus, makanya tekturenya sangat empuk, walau hanya di panggang sebentar saja. Sebelum di panggang, iga di rendam bumbu-bumbu khas Korea semalaman, sehingga citarasa manis gurih meresap ke dalam dagingnya.
Penyajian Bul Gal Bi ini juga unik, sebelum di panggang, di sajikan dalam bentuk gulungan daging tipis yang sudah berbumbu.


Cara memakan Bul Gal Bi ini ada beberapa cara, bisa di makan langsung dengan saus cocolan atau aneka salad, acar, kimchi yang di sediakan secara free ketika kita memesan Bul Gal Bi ini. Cara yang paling seru, tentu saja seperti yang sering kita lihat di drama-drama Korea itu lho teman-teman, yaitu di bungkus daun selada. Aku coba pakai acar sayuran juga, memang segar citarasanya, mengimbangin rasa gurih manis dari iga panggangnya. Oh iya..di restoran Seoul Palace ini hanya menyediakan olahan daging sapi lho teman-teman, jadi no pork.




Pokoknya..Bul Gal Bi di restoran Seoul Palace ini top banget. Rekomended untuk di coba. Yodha saja yang sebelumnya sudah kenyang makan nasi goreng ala Korea..masih lahap menyantap Bul Gal Bi ini..dan dia menyesal katanya..kok makan nasi goreng duluan..hihi. Oh  ya..menu Bul Gal Bi..ini bisa kita nikmati seharga 215.000 ribu rupiah...tapi porsinya bisa di makan ramai-ramai sharing lho..bersama teman atau keluarga. Seru dech.

Bul Go Gi


Setelah mencoba Bul Gal Bi. Lanjut lagi acara panggang memanggang,  kami mencoba daging panggang Bul Go Gi. Kalau ini ini memakai daging lokal juga bisa, bagian has yang diiris tipis-tipis. Rasanya nggak kalah enak juga dari Bul Gal Bi..sama enak, gurih dan manis, citarasanya..karena dagingnya juga sudah di marinated semalaman, sebelum di panggang. Daging panggang Bul Go Gi inipun ludes, oleh Yodha dan papinya. Kalau aku sengaja makan dikit-dikit aja..karena selain terlalu excited foto-foto, dan juga biar  bisa mencicipi citarasa aslinya..hihi..biar nggak kenyang duluan dech. Kalau kita sudah kenyang kan, bakalan susah mencicipi citarasa makanan aslinya...hihi. Oh iya, satu porsi Bul Go Gi ini bisa kita nikmati seharga 69.000- hingga 196.000, tergantung porsi dagingnya ya.


Bude Jjigae


Menu selanjutnya yang kami coba, atas rekomendasi Ibu Benita, adalah Bude Jjigae, yang menurut sejarahnya, menu ini adalah menu perpaduan budaya barat dan Korea, di jaman perang Korea dulu, di mana orang  barat  memasak aneka daging olahan dengan bumbu-bumbu khas Korea, jadilah menu baru ini. Jadi..berbeda dengan Menu lain yang merupakan menu asli Korea dari jaman dahulu, menu Bude Jjigae ini tergolong menu baru, tercipta di jaman perang Korea dahulu. 

Menu Bude Jjigae ini, bahan utamanya, aneka olahan daging yang di masak dengan kuah kaldu dan bumbu sedikit pedas khas Korea, lalu di masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kemudian di masukkan mie kering, lalu di aduk dan di masak hingga matang. Proses memasak menu ini juga di meja kita, jadi seru dech mencium aroma masakan dan menunggu masakan matang di meja makan, serasa memasak di rumah. Setelah matang, aku cicipin, hemm..rasanya segar, gurihnya pas, rasanya seperti makan ramen ala Korea, yang sering aku beli versi instannya..di supermarket..hihi. Menu ini seporsinya 99.000 saja dengan porsi sharing juga.


Po Sut Bul Go Gi


Nah..masih lanjut dech..mencoba menu lain, pramusaji mengeluarkan sepiring daging segar, dan aneka sayuran serta jamur yang di susun cantik di piring. “Wah..mau di buat apa lagi nich..?” Sebelumnya, panggangan di meja, di ganti dengan panggangan batu yang unik. Kata Ibu Benita, panggangan batu ini juga di datangkan langsung dari Korea, wah..serunya..jadi kayak makan di Korea dech..hihi. Setelah itu Ibu Benita menerangkan bahwa menu Po Sut Bul Go Gi ini juga sejenis menu daging panggang seperti Bul Go Gi biasa, tapi di masak seperti di tumis. Yang khas adalah citarasa dagingnya yang gurih, tidak manis seperti Bul Gal Bi atau Bul Go Gi biasa. Jadi menu ini bisa menjadi pilihan bagi orang yang tidak menyukai citarasa masakan manis.


Cara membuatnya juga unik, seperti membuat cap cay sich kira-kira..hihi. jadi bumbu berupa bawang bombay di tumis bersama daging, selanjutnya sayuran dan jamur dimasukkan, dan di masak hingga keluar sedikit cairan, kemudian di beri bumbu-bumbu. Waktu di masak, harum semerbak aroma minyak wijen. Teryata benar dugaanku, bumbu utama Po Sut Bul Go Gi ini adalah minyak wijen. Wah..melihat aroma khas masakan  yang harum serta asap mengepul, jadi pengen cepat-cepat mencobanya. Memasak Po Sut Bul Go Gi ini juga cepat, karena daging sudah di iris tipis-tipis. Jadi dagingnya empuk, dan citarasa gurihnya..pas..ringan tapi tetap terasa bumbu-bumbunya. Enak dech. Satu porsi Po Sut Bul Go Gi yang bisa kita nikmati ramai-ramai ini, bisa kita nikmati dengan harga 218.000 per porsi.


 Bi Bim Bab


Masih kuat lanjut icip-icipnya teman-teman ?..Hihi..Tips jika makan di restoran Korea, kata Ibu Benita, pesanlah minuman teh ( Cha ), khas Korea, minuman ini bisa membuat kita makan banyak tanpa kekenyangan..wah..hebat ya..khasiat tehnya..hihi. Menu terakhir yang kami coba kemaren, adalah menu gongnya..yaitu menu yang paling ingin aku coba..yaitu Bi Bim Bab. Walau sebenernya dulu aku jaman kerja di perusahaan export furniture, aku kan jadi Mechandisher yang menangani buyer-buyer dari luar negeri. Dulu aku pegang beberapa buyer dari Korea , jadi sering menjamu mereka di restoran Korea, namun dulu karena belum tertarik dengan budaya dan masakan Korea, jadi dulu ya asal pesan atau makan saja, tanpa rasa ingin taau yang lebih. Beda dengan sekarang, aku sangat antusias untuk belajar lebih tentang masakan Korea, jadi..rasanya beda gitu..hihi. Dan dari berbagai menu Korea di Seoul Palace, yang paling membuatku penasaran adalah Bi Bim Bab nya. Aku suka tampilan Bi Bim Bab yang cantik, dan paling sering muncul di drama-drama Korea. Jadi menu Bi Bim Bab ini adalah sejenis nasi campur, ala Korea. Bahannya terdiri dari aneka sayuran dan jamur, yang di susun cantik di atas nasi, dan di beri toping telur setenga matang. Yang menambah eksotis penampilannya, Bi Bim Bab ini di sajikan di atas mangkuk batu, yang khusus di datangkan dari Korea juga. Mangkuk batu ini, membuat hidangan nasi campur ala Korea ini menjadi tetap hangat hingga sauapan terakhir. Di Korea, menyantap Bi Bim Bab di mangku panas ini ketika musim dingin. Ketika musim panas, menyantap Bi Bim Bab ini memakai mangkuk biasa. Biasanya Bi Bim Bab ini menajdi menu makan siang yang praktis, karena dalam satu sajian sudah padat gizi, adan karbohidrat, protein dan aneka sayuran. 

Cara menyantap Bi Bim Bab ini, nasi dan sayuran di aduk bersama bumbu pedas khas Korea yang di racik khusus, lalu di aduk rata. Warnanya jadi cantik kemerahan menggoda selera. Setelah aku cicipin Bi Bim Bab versi restoran Seoul Palace ini..enak sekali. Rasa gurih pedasnya pas, nggak berlebihan, dan nggak ada rasa aneh apapun, yang ada hanya rasa enak..hihi. Rasanya mirip-mirip nasi goreng pedas, tapi nggak terlalu pedas rasanya, jadi masih bisa di nikmati anak-anak. Rahasianya ternyata, kata Ibu Benita, selain bumbu-bumbu khas juga dari Korea, sampai cabe pun juga dari sana. Cabe khas Korea ini jika di buat masakan, warnanya merah cantik, tapi nggak terlalu pedas rasanya. Harga 1 porsi Bi Bim Bab di restoran Seoul Palace ini 45.000 - 49.000 rupiah.


 

Wah..pokoknya kemaren Minggu itu, puas kami mencicipi  aneka menu masakan Korea yang otentik di Seoul Palace Semarang. Jadi ngak rugi dech aku ngintip OpenSnap sebelum mencari rekomendasi restoran Korea terbaik di Semarang. Jadi, buat teman-teman yang suka bingung mencari tempat makan atau restoran di  kota teman-teman, pakai saja aplikasi OpenSnape yang merupakan aplikasi *Social Dining Guide*, lansiran dari OpenRice.com. Oh ya..aplikasi ini bisa di download dengan cepat di Google Play atau App Store teman-teman..mudah kok caranya. Jadi..kalau lagi bingung cari tempat makan di manapun kita berada, tinggal klik OpenSnap ini...melalui ponsel cerdas kita dech.

Banyak kelebihan dan manfaat jika kita memakai aplikasi OpenSnap ini teman-teman, di antaranya : 
  1. Personalized Your Food App by Bookmark : Kita dapat bookmark restoran, jenis masakan atau makanan favorit kita. Selain itu  juga dapat filter Restoran berdasarkan Bookmark yang terbanyak oleh foodies. Semakin restoran / jenis masakan / makanan tersebut di bookmark, maka semakin banyak digemari.
  2. Social Visited: Kita dapat melihat Teman kita (yang kita follow) pernah berkunjung di restoran mana saja. Jadi kita dapat melihat restoran mana yg paling banyak atau digemari oleh Teman - Teman.
  3. Map View: Kita dapat melihat berbagai Restoran yg terdekat dari lokasi kita berada.
  4. Personalize your favorite location: Kita dapat mengatur lokasi yang sering dikunjungi untuk menjadi laman terdepan.
  5. Everyone Tab: Kita akan di update dan terkoneksi oleh seluruh foodie yang berada di Kota tersebut (Misal: Jakarta) apa yang sedang mereka makan.
Jadi, jangan ragu untuk men download aplikasi OpenSnap ini ya di smart phone kita teman-teman.

 kegiatan yang aku sukai untuk bersantai adalah nonton drama Korea Menu Masakan Korea Otentik Di Restoran Seoul Palace Semarang

Buat aku..OpenSnap ini sangat membantu banget..karena salah satu hobiku adalah keluyuran wisata kuliner mencari tempat makan enak. Kadang-kadang, jika di tempat baru atau di kota lain..misal suami belum tau tempatnya..wah..bisa muter-muter nggak jelas dech cari alamat tempat makan yang di tuju. Nah..setelah pakai aplikasi OpenSnap ini jadi mudah banget, cari lokasi tempat makan yang kita hunting, karena biasanya sudah banyak  ulasan dan di lengkapi peta dan kontak juga lho. Detail banget pokoknya. Pokoknya aku kasih bintang 5 dech buat OpenSnap..:D

 kegiatan yang aku sukai untuk bersantai adalah nonton drama Korea Menu Masakan Korea Otentik Di Restoran Seoul Palace Semarang

Happy eating..! ^^














Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts