Laporkan Penyalahgunaan

Sego Godog


Sego Godog...siapa yang pernah makan ?..Kalau lagi makan di Yogya..di warung-warung tradisional Nasi Goreng & Mie Jowo..ada kok menu ini teman-teman. Sego itu dalam bahasa Jawa artinya Nasi, sedangkan godog itu berarti rebus..jadi artinya..Nasi rebus..begitu teman-teman. Ada bahkan warung-warung yang menu utamanya Sego Godog ini..terutama sich di daerah Bantul..Yogya selatan tuch banyak yang jual Sego Godog. Di Magelang juga ada kali ya..tapi kalau di Magelang biasa di campur sama mie..aku kurang suka. Aku lebih suka Sego Godog Yogya..yang ndeso gitu, jadi nasi aja yang di godog..hihi.

Tapi kalau beli..Sego Godog..jika belum terbiasa mungkin akan geli dengan penampilannya yang campur aduk..nasi di beri kuah..haha. Tapi..kalau masak sendiri kan bisa di buat sedikit lebih *mriyayeni*..atau lebih menggugah selera kan penampilannya..hihi. Gimana..kalau di depan teman-teman..terhidang satu porsi Sego Godog ala Mbak Diah Didi ini mau coba ..? Lol...!


Jadi sego godog itu intinya..nasi yang di rebus dan di masak dengan bumbu dah kuah kaldu ayam yang gurih. Sebenernya nggak aneh juga lho..ada kan menu luar kayak Risotto gitu ya..tapi ya memang nggak berkuah banget ya kalau Risotto. Sego godog...jika belum pernah coba mungkin akan ragu..mencobanya..karena melihat penampilannya yang kurang menggugah selera jika beli di warung-warung mie Jowo..tapi jika mau mencobanya..rasanya..enak banget. Kuahnya gurih..karena memakai kaldu ayam kampung biasanya. Hemm..untung kemaren pas memasak ingkung ayam..aku buat kaldu dulu ayam kampungnya..jadi punya stock kaldu ayam kampung dech. Jika tidak ada, pakai kaldu ayam biasa nggak apa-apa teman-teman.

Cara membuatnya..mudah saja..Mau coba..yukk mari..enak bener teman-teman..hihi. Kalau membuat Sego Godog ini, jangan terlalu banyak ya jumlah nasinya..kalau terlalu banyak nanti kuahnya terserap ke nasi..hihi..jadinya nasi nyemek..hihi. Jika mau lebih nikmat lagi tambahkan cabe rawit merah iris..wah..pedes seger..kemepyar rasanya. Kalau aku tadi nyeplus aja cabe rawitnya..buat Yodha juga soalnya masaknya. Oke..selamat mencoba teman-teman...! ^^

Sego Godog

Bahan : 
50 gram nasi pero ( jangan lembek ya..hihi...ntar jadi bubur godog dech )
300 ml air kaldu ayam
1 butir telur, 1 paha ayam goreng atau rebus, suwir-suwir
2 lembar kol, potong kasar
1/2 buah tomat merah, potong kasar
1 batang daun bawang , potong-potong
1 batang sledri, cincang
Bawang merah goreng dan acar ketimun secukupnya jika suka
Kecap manis secukupnya
1 sendok teh kaldu ayam
Garam sesuai selera 

Bumbu halus :
1 siung bawang bawang putih
1 butir kemiri
5 butir merica 
3 buah ebi

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, sisihkan di pinggir wajan
Masukkan telur, diamkan sebentar agar  agak matang, buat orak arik kasar
Masukkan air kaldu, kol, daun bawang dan ayam
Masukkan bumbu lain
Biarkan mendidih, lalu masukkan nasi
Masak dan biarkan meresap bumbunya sekitar 3 menit
Koreksi rasa, hingga pas sesuai selera gurih manisnya
Masukkan tomat dan daun bawang, aduk rata
Sajikan hangat dengan taburan sledri cincang dan bawang goreng dan cabe rawit iris jika suka pedas.
Yummy..! ^^
Tips : Jika mau spesial lagi..tambahkan kekian kampung..yang biasa di campur di nasi goreng atau mie goreng Jawa. Cara membuat kekian kampung sudah sering ku share ya teman-teman..di web ini.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts