Laporkan Penyalahgunaan

Barongko



Kemaren di dapur masih ada pisang kepok satu sisir dan matang pohon ranum-ranum, kiriman eyangnya Yodha. Saking banyaknya kok mulai bingung mau di buat apa lagi..kolak..udah..carang gesing..hingga pipes kopyor udah..pisang gorengan atau pisang rebus kok bosan. Sementara jika di buat cake, kan kurang mantep aromanya. Terus kemaren keingat dech sama salah satu kue yang bahan utamanya pisang kepok..yaitu kue Barongko. 

Kalau nggak salah dari Makasar ya kue Barongko ini. Jadi intinya kue Barongko ini terbuat dari pisang kepok, santan, gula dan telur. Mudah saja cara pembuatannya..tinggal pisang di haluskan, lalu di campur bahan lain terus di kukus. Karena kemaren pengen cepat, makan aku haluskan saja dengan blender pisangnya...sama santan, gula, lalu tambah telur. 

Hasilnya oke juga..lembut dan legit..Lumayan juga untuk variasi jajanan dari pisang kepok. Tapi kalau aku   lebih suka carang gesing atau kolak. Karena masih teras tekture pisangnya ya. Kalau barongko ini  karena pisang di haluskan, jadinya mirip-mirip puding pisang kukus, lembut gitu. Buat anak-anak..cocok. Kalau buat aku..satu aja udah cukup..suamiku habis 2 aja..udah..jadi sisanya simpan kulkas aja..besok di kasih budhe sayur.

Untuk variasi rasa  barongko ini bisa di tambah kelapa mudah atau nangka ya mungkin jadi lebih harum dan legit. Oke..ini dia resep barongko yang manisnya dikit aja teman-teman, sesuai selera kami..jadi nggak terlalu mblenger banget. Rasanya masih legit dan manisnya pas. Barongko ini lebih enak jika di sajikan dalam keadaan dingin.

Barongko

Bahan :
1 sisir pisang kepok ( kira2 12 buah )
1 butir telur
50 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
100 ml santan
Daun pisang secukupnya

Cara membuat :
Potong-potong pisang, buang bagian tengah yang berwarna hitam
Lumatkan pisang, atau bisa langsung di blender dan dicampur dengan santan, gula dan garam
Masukkan telur yang sudah di kocok lepas, aduk rata
Ambil 2 lembar daun pisang, beri 2 sendok sayur adonan
Bungkus bentuk tum
Kukus selama 25 menit hingga matang
Dinginkan sebentar. Lalu masukkan kulkas hingga saat akan di sajikan.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts