Laporkan Penyalahgunaan

Tips Memakai Panci Presto


Hai teman-teman..aku masih di sini..hihi..maaaf banget dua harian *Bakule tepung sama buku error..hihihi..ketimbun packingan. Jadi agak telat2 posting. Dan mohon maaf juga jika ada yang agak telat kiriman. Kalau biasanya packing orderan tepung harian tepung masih oke hingga 20 paket sendiri gitu ya..ini ketambahan orderan buku..alhamdulillah..tapi kok ya keteter sendiri ternyata. Baru nyadar..sekarang dulu aku sempat heran ke teman2 yang punya online shop kok pada sampai punya banyak karyawan..ternyata memang perlu kali ya..huhu. Siapa hayo..mau jadi assitenku...?..hihi. Jadi ini aku masih lembur terus ya..belum sempat masak macam2..:)

Buat teman2 yang mau cek status orderan buku atau tepung yang kirim beberapa hari ini silahkan sms langsung ya..ke no 089654712500, sms only ya..jadi aku masih bisa cek resi dll yang menumpuk....kalau di telp kan gak bisa langsung kasih tau statusnya...kan sayang pulsanya teman2..^^

Oke dech cuap2 nya di sambung lagi ntar jika udah kelar semua kerjaan ya..ini aku setor satu resep sederhana aja dech yang ku masak kemaren..buat obat rindu....sama teman-teman..hihi. *baru dua hari nggak posting...ya..*
Kali ini aku mau kasih tips memasak menggunakan panci presto. Menu yang menggunakan panci presto itu seperti bandeng presto, pasti sudah tau ya teman2..nah sebetulnya..jika mau kita maksimalkan fungsinya bisa kita pakai untuk masakan sehari-hari. Sangat menghemat waktu dan bahan bakar gas lho. Jadi jika di rumah punya panci tekan atau panci presto..jangan di anggurin ya.
Tips memakai panci presto 
Untuk masakan berkuah, sebelum kita presto, bisa kita didihkan terlebih dahulu tanpa di tutup masakannya. Koreksi rasa terlebih dahulu hingga pas rasanya. Baru dech di tutup rapat dan masak dengan panci presto. Sehingga ketika masakan matang..bumbu-bumbu tetap meresap..dan nggak kurang garam atau apa. 
Atau bisa sebaliknya. Presto masakan dengan bumbu garam dan gula secukupnya dulu. Jika sudah matang, koreksi rasa. Jika belum pas rasanya. Panaskan kembali panci tanpa di tutup sambil di koreksi rasanya. Dalam proses ini juga bisa menjadi proses pengentalan kuah..misal mau buat masakan semur..terik.dll. jadi panci prestonya memotong proses pengempukan bahan aja..selanjutnya tetep bisa di kentalkan biasa sebentar saja masakannya. Jadi untuk menghidnari gosong atau terlalu kering.
Tutup rapat panci presto sampai terdengar bunyi klekk..agar suhu tekanan bisa maksimal. Biasanya sich di lengkapi tanda katup udara yang bunyi..nguing..nguing gitu..itu tandanya, tekanan udah tinggi. Nggak perlu ya..kan tertup rapat pancinya. Kalau nggak rapat tandanya malah nggak ada tekanan maksimal kok...jadi kayak panci bertutup biasa.

Biarkan panci presto dalam kondisi suhu menurun dulu senelum di buka, jika mau cepat..siram aja pakai air mengalir..pasti langsung turun tekanannya dan mudah di buka pancinya. Siram permukaan atas tutup panci prestonya.nanatiakan terdengar bunyi..Cess..itu tandanya tekan udah turun dan ama untuk di buka. kalau tekanan masih tinggi susah di buka dan    biasanya bunyi kayak letupan gitu jika kita paksa buka..jadi jangan mencoba di rumah ya..hihi. Lebih baik diamkan dulu hingga dingin dengan sendirinya panci prestonya. atau jika mau cepat ya langsung siram aja pakai air dingin atasnya. Air bakal menetes masuk ke dalam masakan ?..Nggak kok...kan rapat tutupnya. Jadi aman...^^

Ok..contoh memasak mudah dan praktis pakai panci presto..ini nich..jadi 10 menit aja udah matang lho. tapi semua tergantung bahan ya..biasanya kalau kita beli panci presto ada aturan waktu masing2 kok..di sesuaikan bahan yang akan di masak.
Bacem Rempelo Ati Praktis
Bahan :
Rempelo ati 8 pasang
Air kelapa 600 ml ( sampai terendam bahan2nya )
Lengkuas 2 cm, memarkan
Daun salam 2 lembar
Gula merah 50 gram
Garam 1 sendok teh ( sesuai selera )

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar

Cara Membuat :
Campur dan ungkep semua bahan dengan panci presto hingga matang dan empuk, selama 10 menit. Lalu goreng sebentar di minyak panas hingga mengkilat. Jangan terlalu lama menggoreng ya..ntar jadi keras rempelo atinya..cukup sebentar saja. Sajikan.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts