Laporkan Penyalahgunaan

Pipes Kopyor



Pipes Kopyor..adalah kudapan manis dari Temanggung  Jawa tengah..yang biasa di sajikan untuk menu buka puasa. Selain di Temanggung, daerah lain ada juga mungkin. Nama aslinya Pipis Kopyor..tapi di baca Pipes..hihi..jadi aku lebih sreg sebutnya Pipes aja dech..hihi. Pada dasarnya Pipes ini mirip sama carang gesing yang terbuat dari pisang dan roti tawar, namun carang gesing pakai telur kadang..kalau pipes ini nggak pakai. Pipes kopyor ini seharusnya juga berkuah..tapi punyaku asat..alias kehabisan kuahnya waktu di kukus...hihi. Soalnya tadi daunnya cuma kecil..jadi nggak bisa nampung kuah banyak di waktu di kukus..otomatis kuah santannya terserap semua ke rotinya. Next time kalau buat lagi mau pakai daun yang lebih lebar ah. Padahal tadi sudah membayangkan buka puasa makan pipes kopyor berkuah yang seger dan legit..hihi. 

Tapi pipes kopyor tanpa kuah ini juga tidak mengecewakan kok..rasanya tetep yummy dan legit..enak banget. Yodha yang pertamanya ogah-ogahan makan jajan pasar begini bilang enak tadi dan suka. Alhamdulillah. Ciri khas Pipes Kopyor ini adalah pakai kelapa muda ya teman-teman. Aku sarankan sich pakai kelapa muda yang dagingnya lembut..jadi enak banget. Biar lebih komplet tadi aku tambah pisang raja yang ranum juga..kebetulan punya pisang raja yang masak pohon..hemmm rasanya..ya tanbah enak banget. Wangi legit pisang..waktu di kukus aja udah harum semerbak menggoda imam..hihi.

Tips jik amau membuat pipes kopyor berkuah, pakai daun pisang kluthuk yang lemes dan lebar, jadi muat menampung banyak kuah. Untuk resep ini gandakan takaran kuah santannya ya. Karena untuk ukuran di bawah ini tadi pas aja untuk membuat pipes kopyor yang tanpa kuah. Selipkan plastik bening tebal tahan panas di antara dua lembar daun, agar kuah tidak bocor...tapi wangi aroma daun pisang tetap dapat.

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..This is rekomended Gaes..! buat menu takjil buka puasa...hihi..*ikutan gaya Yodha..*

Pipis Kopyor ( Pipes Kopyor )

Bahan: 

Kelapa muda yang lembur dagingnya 1 butir, serut
Roti tawar 6 lembar, potong kasar
Daun pandan 2 lembar, ikat
Santan  400 ml
Gula pasir 75 gram
Garam 1/4 sendok teh
Vanili 1/8 sendok teh
Daun pisang dan plastik bening untuk pembungkus



Cara Membuat: 

Campur santan dan gula dengan ditambahkan sedikit garam dan vanili dan daun pandan.

Rebus hingga mendidih aja dan gula mencair ( jangan sampai pecah santannya )
Ambil 2 lembar daun pisang, beri plastik di tengahnya.

Beri bebera potong roti, pisang dan kelapa muda secukupnya. beri larutan santan dan gula secukupnya ( tergantung ukuran daun )
Kukus ± 20 menit. 

Dinginkan sebentar di kulkas sebelum di sajikan..ooh enak nyo..mak nyess..!


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts