Laporkan Penyalahgunaan

Talam Marmer Roti Tawar



Teman-teman ada yang suka koleksi roti tawar di meja makan..? Hemm..sama dech kayak aku..koleksi doang..kagak di makan. Jadi intinya sich..kadang-kadang pengen nyetok roti tawar buat sarapan yang mudah dan cepat gitu..tapi ujung-ujungnya..kalau di tanya sarapan apa..ya..requestnya warga di rumah..ke menu-menu yang harus di masak dulu..hihi. Atau kalau udah kepepet kesiangan..langsung dech reguest Yodha..bubur ayam..gudeg..dll..maksudnya beli aja gitu..hihi.

Ya...akhirnya si roti tawar di cuekin lagi. Nah..daripada keburu expired..mending di olah aja..mumpung ada Pak tukang ya kerja di rumah..lumayan buat snack mereka. Tadi mikir-mikir mau di olah apa ya...pertama mau tak buat puding roti tawar kukus..tapi tak pikir-pikir..bapak-bapak tukang yang kerja itu nggak suka kue-kue yang mengandung susu, karena udah tua..akhirnya kepikiran aku buat puding kukus versi yang pakai santan aja dech..kan lebih gurih, dan selera lokal..hihi. Kebetulan roti tawarnya yang berkulit..jadi persis keinginanku..hasilnya bisa bermotif marmer yang cantik. Resep aslinya aku pernah dari salah satu blogger Malaysia di sini..tapi aslinya 3 lapis..aku buat lebih simple aja..jadi dua lapis. Jadi ingat puding roti tawar ala pasar yang biasa di jual di pasar-pasar gitu..kan bermotif gini ya teman-teman. Tapi karena ini nggak pakai agar agar dan versi kukus..makanya di sebut talam kali ya.

Biar lebih cantik, tadi atasnya mau aku kasih satu lapisan gitu sebenernya..tapi pas..lapisan pertama udah matang..kok jadi agak menciut dari ukuran loyangnya hihi...ya udah di tuang aja adonan kedua semua..hihi..jadilah hasilnya menyelimuti talam rotinya..tapi ndak apa-apa dech..walau bentuknya nggak beraturan..malah jadi cantik menurutku..hihi..*kepedean..! *

Oke dech..jika mau coba teman-teman..ini ya resepnya..aku sesuaikan seleraku manisnya..jika suka manis, gula boleh di tambah sesuai selera, kalau suka suka samar-samar aja manisnya..^^

Talam Marmer Roti Tawar
Bahan Lapisan 1
7 buah roti tawar berkulit, potong kasar
100 ml santan kental
50 gram gula pasir berbutir halus
1/4 sendok teh vanili
1/8 sendok teh garam
125 ml air
Campur semua bahan , kec roti tawar, aduk rata hingga gula larut, masukkan roti tawar, biarkan hingga roti terserap.

Bahan Lapisan 2
30 gram tepung terigu protein sedang
30 gram gula pasir halus
1 biji telur
100 ml santan kental
100 ml air
1 tetes pewarna hijau / pasta pandan
Campur semua bahan dengan kocokan manual, hingga rata dan adonan halus, saring jika perlu.

Penyelesaian 
Siapkan loyang loaf ukuran kecil, alasi dengan plastik dan olesi sedikit minyak
Kukus adonan pertama di api sedang selama 25 menit. ( Jangan lupa, tutup kukusan di alasi kain ya agar air nggak menetes )
Tuang adonan kedua, hingga menutup adonan pertama, kukus lagi 15 menit
Dinginkan, baru potong-potong sesuai selera



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts