Laporkan Penyalahgunaan

Gado-Gado Bumbu Petis





Tadi buat makan siang..lagi pengen makan yang seger-seger. Jadi kepengen gado-gado..karena lama nggak buat. Telp Budhe sayur langganan ada semua bahan..langsung masak sebentar dech..jadilah..menu makan siang kami..segar dan enak. Yodha aja sekarang suka masakan yang berbumbu kacang gini..hihi..jadi nggak perlu repot masak dobel-dobel lagi.

Nah..biar spesial..aku pakai petis di bumbunya. Beberapa waktu lalu sempat mencoba petisbumbu ini untuk saus kacang lain...rasanya enak..jadi ketagihan. Waktu itu cerita-cerita sama mba Tina..kalau enak juga buat gado-gado..jadi pengen coba. Kebetulan masih ada petis bumbu pedas yang udah ku buka..jadi aku pakai itu aja buat campuran bumbunya. Ternyata..enak banget gado-gado..pakai tambahan petis bumbunya. Bumbu kacang..memang klop banget sama petis..tambahin cingur aja kali udah mirip banget sama rujak cingur hihi.

Petis pedas yang aku jual ini nggak amis..enak..gurih..jadi buat campuran bumbu pun bisa..tambah sedep..selain di colekin langsung untuk makan aneka gorengan. Suka dech..dan kebetulan petis pedas ini juga salah satu produk jualanku yang lumayan laris manis..dan banyak yang suka. Alhamdulillah..jadi bisa bantu-bantu umkm  yang buat petis ini..karena memang produknya istimewa..hihi.

Gado-gado ini bahan sayurannya bebas ya teman-teman..apa aja bisa..mau kacang panjang..buncis..bayam juga enak..tadi mau pakai genjer..juga enak..dll. Tapi menurutku yang harus ada untuk gado-gado itu adalah daun selada. Daun selada mentah di padu saus kacang yang legit..beneran kres-kres..seger di mulut. enak banget...! Sayangnya..telurnya lupa ke foto lagi..hihi. Tadi pas motret itu juga mikir..apa ya..yang kurang..ternyata..telur rebusnya..hihi.

Gak apa-apa dech..yang penting enak ya teman-teman..walau foto gado-gadonya minus telur..hihi.
Oke..langsung aja..ini dia resepnya ya.....jika mau coba  teman-teman...^^

Gado Gado Bumbu Petis

Bahan :
2 buah ketupat atau lontong
2 lembar daun selada
2 buah tahu goreng, potong-potong
2 buah tempe goreng, potong-potong
1/2 buah ketimun, potong2 kecil
2 lembar kol, iris halus
2 lonjor kacang panjang, rebus, potong-potong
Telur rebus 2 butir, potong-potong
Bawang goreng secukupnya
Emping atau kerupuk udang secukupnya

Saus Kacang :
100 gram kacang tanah sangrai atau goreng, giling halus
2 bawang putih
3 buah cabai merah
1 sendok teh air asam jawa
Garam secukupnya
1 sendok makan petis
1/2 sendok makan gula merah
1-2  sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
Air 150 ml santan encer ( secukupnya )

Cara membuat :
Goreng bawang putih dan cabai merah, haluskan dengan semua bahan saus kacang. Tambahkan  santan, masak hingga tingkat kekentalan yang di inginkan. Jika aku suka kuah gado2 yang agak encer saja. Koreksi rasa sudah pas belum gurih manisnya.
Susun bahan gado-gado di piring, tuangi saus kacang, sajikan dengan kerupuk udang atau emping sesuai selera.









Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts