Laporkan Penyalahgunaan

Bakwan Jagung & Mie



Hari ini..masih..nggak sempat masak yang ribet, karena masih menyelesaikan banyak pekerjaan. Tapi tadi pas di rumah ada tukang yang kerja..udah tak kasih roti beli di tukang roti keliling sich..tapi kok ya ndak tega..kalau mereka nggak suka roti-rotian..ya udah..akhirnya bikin cemilan gorengan sebentar. Di rumah ada sisa mie 100 gram aja..sama jagung muda..oke dech..campur keduanya..jadi dech bakwan mie jagung. Enak lho..karena pakai mie..jadi ada tekture kriuk dari mie nya. Jika di goreng agak kering.dan bentuk bakwannya jadi unik..hihi.

Cara membuatnya juga mudah saja..tinggal campur-campur bahan..goreng dech. Agar citarasa jagungnya teras mantap dan manis, sebagian jagung di parut halus, sebagian di serut biasa. Jadi..rasanya itu..jagung banget..walau di campurin mie. Enak dech pokoknya..cemilan murah meriah ini. Buktinya..pada suka semua nich..dari pak tukang...Yodha..papinya..apalagi aku yang penggemar gorengan..hihi..suka banget.

Untuk jagung..gunakan jagung manis ya teman-teman..yang biasa buat perkedel jagung tuch..beli di pasar banyak..murah. Biar tambah gurih juga aku tambahkan udang yang aku potong kecil-kecil dan di campur di adonan. Bisa matang ?..Bisa banget lah..kan udang termasuk jenis bahan yang mudah matang, apalagi di goreng dengan cara deep frying, di jamin matang banget..dan nggak amis..asal udangnya segar ya teman-teman. 


Aku memang suka sekali memakai udang untuk aneka olahan makanan gurih. Karena udang ini membuat citarasa semakin istimewa. Kadang-kadang banyak orang yang nggak suka makan udang atau makanan dengan campuran udang..karena takut bau amis. Sebenernya..kalau udangnya segar itu tidak akan terasa amis kok..malah semakain gurih dan manis citarasa makanan yang memakai udang. Aroma amis itu biasanya..karena udang sudah tidak segar lagi. Ciri udang yang nggak seger lagi tuch..udah lembek..kadang berwarna kemerahan, kepala dan badan udang misah..aromanya amis. Kalau udang seperti itu..jangan di beli ya teman-teman...aku aja..di kasih ndak bakalan mau  kalau udah gitu udangnya..hihi. Biasanya udah yang udah seperti itu..udang yang udah berhari2 di pedagang..hihi..serem ya. Pilih yang masih keset..kenyal..seksi..hihi..jika di pegang itu masih kenyal..dan kepala belum terpisah dari badannya..itu baru enak buat di   olah atau di campur masakan lain.

Oke ini dia resep bakwan jagung & mie nya ya teman-teman..cobain dech..enak..! Adonan bakwan ini nggak perlu air ya.karena jagung parut halusnya udah mengandung air jagung, jadi pakai itu aja dan telur cairannya. Tidak masalah..karena penggunaan terigu hanya sedikit.

Bakwan Jagung & Mie

Bahan
3 buah jagung manis
100 gram mie, rebus di air panas sebentar hingga mekar, potong kasar
1 buah wortel
50 gram udang kupas, cincang kasar
2 batang daun bawang, iris halus
1 batang daun sledri, iris halus
1 butir telur
100 gram terigu protein rendah
2 siung bawang putih, haluskan, 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat 
Parut halus satu buah jagung, sisanya di serut biasa
Campur jagung dengan semua bahan lain, aduk hingga rata
Koreksi rasa, udah pas belum gurihnya dengan cara menggoreng sedikit adonan dan cicipi rasanya.
Jika sudah oke..sendokkan ke minyak panas, goreng hingga matang
Sajikan hangat





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts